Follow Us

Aplikasi Password Manager LastPass Akhirnya Tersedia di OS X

Bagus Hernawan - Rabu, 21 Januari 2015 | 16:57
Aplikasi Password Manager LastPass Akhirnya Tersedia di OS X

Setelah lama berkutat di layanan password manager melalui akses via web, grup pengembang LastPass hari ini resmi merilis aplikasi native untuk perangkat OS X. Ya, kini kamu dapat merapikan dan membuat password ekstra aman, catatan penting atau mengisi form di web dengan lebih cepat dan mudah. Tim MakeMac sudah mencoba aplikasi ini secara sepintas dan ingin berbagi review kepada kamu.

Cara Membuat Akun LastPass

Syarat pertama menggunakan aplikasi ini adalah membuat akun. Gak sulit kok, tinggal masukkan email kamu dan buat master password untuk login ke LastPass.

Karena selama ini sudah dibuat dengan basis email dan master password untuk membuka LastPass, kamu hanya perlu memasukkan 2 hal tadi pada bagian jendela utamanya. Tenang, kamu tetap dapat menggunakan LastPass ketika tidak terkoneksi dengan internet kok.

Antarmuka Bersih, khas OS X

Ketika pertama kali melihat antarmuka utama LastPass, sepintas saya ingat aplikasi email dari Mail Pilot dengan warna putih plus kombinasi merah tegas. Panelnya juga dibagi 3 baris ke samping dengan kustomisasi ukuran yang leluasa.

Fitur yang dapat kamu gunakan pada LastPass dapat dilihat di baris paling kiri. Ada 5 menu yang dapat kamu cek: Sites yaitu bagian untuk mendaftarkan akun dari sebuah layanan web (forum atau sosial media misal), Secure Notes untuk membuat catatan penting, Form Fills yaitu otomatisasi formulir yang sering kamu isi di sebuah web, Favorites yaitu daftar laman web favorit atau catatan yang sering kamu akses. Terakhir adalah Security Challenge untuk mengecek tingkat keamanan password yang sudah kamu buat dan simpan di LastPass.

Dari yang saya coba, bagian paling penting untuk membuat catatan di LastPass adalah tombol ADD yang ada di jendela tengah aplikasi. Kamu bisa menekan tanda panah bawah di sebelah tombol ADD tadi untuk mulai membuat catatan akun web, note atau formulir baru.

Sebagai tambahan catatan, LastPass for OS X juga mendukung fitur quick search vault (shortcut cmd + shift + L) dan dapat kamu kombinasikan dengan extension untuk peramban Safari. Dengan begitu setiap login baru atau pembaruan password di akun yang telah terdaftar dapat berlangsung lebih otomatis dan cepat.


Baca Juga: Review Passible: Cara Mudah Menyimpan Password di iPad dan iPhone


Akhir Kata

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Berbagai aplikasi password manager memang sedang marak dikembangkan akhir-akhir ini. Sebut saja 1Password, Locko, Dashlane dan sekarang LastPass yang juga hadir di OS X. Nah bagi kamu yang belum punya pilihan, LastPass bisa menjadi kandidat yang menarik untuk dicoba. Segera unduh LastPass untuk perangkat Mac dengan batasan sistem OS X 10.8 ke atas ya.

Download LastPass Password Manager ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest