Follow Us

Bos BlackBerry Curhat Minta iMessage Tersedia di Platform BlackBerry

Andri Alfansyah - Senin, 26 Januari 2015 | 12:01
Bos BlackBerry Curhat Minta iMessage Tersedia di Platform BlackBerry

Apa jadinya jika layanan messenger dari Apple, iMessage, tersedia di platform lain macam BlackBerry? Tentunya hal itu membuat iMessage tidak eksklusif lagi bagi pengguna iOS. Namun hal itulah yang diinginkan oleh CEO BlackBerry, John Chen.

Seperti dilaporkan 9to5Mac, John Chen menuliskan unek-unekya terkait iMessage dalam blog di situs BlackBerry. Ia meminta pemerintah tidak hanya meregulasi kenetralan atau keterbukaan di antara penyedia jaringan nirkabel dan broadband, tetapi juga penyedia konten dan aplikasi.

Dalam hal ini John Chen meminta membuka layanan iMessage untuk tersedia di platform lain, seperti halnya BlackBerry Messenger (BBM) tersedia buat iPhone. Tidak hanya iMessage, CEO BlackBerry itu juga meminta Netflix dan aplikasi lainnya yang tak mendukung BlacBerry tersedia buat platform tersebut.

Unfortunately, not all content and applications providers have embraced openness and neutrality. Unlike BlackBerry, which allows iPhone users to download and use our BBM service, Apple does not allow BlackBerry or Android users to download Apple’s iMessage messaging service. Netflix, which has forcefully advocated for carrier neutrality, has discriminated against BlackBerry customers by refusing to make its streaming movie service available to them. Many other applications providers similarly offer service only to iPhone and Android users. This dynamic has created a two-tiered wireless broadband ecosystem, in which iPhone and Android users are able to access far more content and applications than customers using devices running other operating systems. These are precisely the sort of discriminatory practices that neutrality advocates have criticized at the carrier level.

John Chen tampaknya sudah cukup kesal karena beberapa aplikasi ekslusif macam iMessage dan Netflix tidak mendukung platform BlackBerry. Jadi ia meminta pemerintah menghentikan diskriminasi terhadap BlackBerry.

Wacana iMessage yang harus tersedia secara lintas platform bisa jadi merupakan langkah mundur bagi Apple. Betapa tidak, untuk menikmati iMessage, pengguna nantinya bisa dengan mudah menggunakan di perangkat selain iPhone.


Baca Juga: Akun Resmi BlackBerry Ternyata Ngetweet Pakai iPhone


Apalagi, selling point yang dimiliki iPhone nantinya bisa jadi rusak karena perangkat untuk menggunakan iMessage tidak lagi seeksklusif iPhone yang notabene tidak berharga murah. Kenetralan yang diinginkan oleh John Chen bisa juga membuat layanan dan aplikasi di komputer Mac tersedia di platform Windows atau Linux.

Keinginan John Chen tidak lain adalah tentu saja untuk mendongkrak penjualan perangkat BlackBerry yang semakin merosot. John Chen tampak tidak memiliki cara lain untuk meningkatkan penjualan BlackBerry, selain mendesak pemerintah meregulasi iMessage untuk mendukung platform lain.

Saya tidak yakin Apple akan bersedia menghadirkan iMessage di platform BlackBerry atau Android. Namun bagaimana pendapatmu soal unek-unek John Chen ini? Sampaikan komentarmu di kolom yang tersedia ya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/01/21/blackberry-ceo-imessage/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest