Follow Us

Pengguna Jailbreak Wajib Menjauh Dari iOS 8.1.3

Bagus Hernawan - Rabu, 28 Januari 2015 | 14:11
Pengguna Jailbreak Wajib Menjauh Dari iOS 8.1.3

Pagi tadi Apple resmi merilis update iOS 8.1.3 kepada publik. Beberapa pertanyaan datang ke tim MakeMac mengenai kompatibilitas versi baru iOS 8 tersebut dengan Jailbreak. Berikut ini jawaban saya untuk kamu para Jailbreakes: Jangan update ke iOS 8.1.3.

Ya, Apple telah menambal beberapa celah keamanan yang digunakan oleh tim TaiG Jailbreak, bahkan exploit yang ditemukan oleh @i0n1c juga telah dilumat dan ditutup dalam pembaruan ini. Redmond Pie juga menjelaskan bahwa Apple terang-terangan menulis nama TaiG Jailbreak dan PanguTeam di laman security content iOS 8.1.3.

Apple has outlined all the exploits that it has patched in iOS 8.1.3 in its support article, and even went on record to name the Pangu and TaiG teams for utilizing them. Apart from the aforementioned duo, Apple has also patched exploits discovered by i0n1c (aka Stefan Esser).

Setelah saya cek ke akun masing-masing nama diatas, hanya Stefan Esser yang menanggapi hal tersebut lewat tweet. Dia berkomentar dengan cukup santai dan tidak merasa dirugikan oleh Apple karena menutup celah keamanan tadi. Ya, keamanan yang ditambal oleh Apple adalah beberapa hal yang dipakai olehnya pada tahun 2013 dan juga digunakan pada bulan Juni 2014 oleh Pangu Jailbreak.

Pernyataan di atas membuat saya bertanya-tanya, apakah masih ada celah keamanan yang disimpan oleh para pakar keamanan iOS untuk dimanfaatkan – Jailbreak iOS 8.2 nanti mungkin? Bagaimana tanggapan kamu?


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest