Follow Us

Apple Sukses Besar, Samsung Alami Kerugian di Kuartal Akhir 2014

Andri Alfansyah - Kamis, 29 Januari 2015 | 10:42
Apple Sukses Besar, Samsung Alami Kerugian di Kuartal Akhir 2014

Tidak hanya Apple yang mengumumkan laporan keuangan dan pendapatannya pada kuartal akhir 2014, selang sehari saingan besarnya, Samsung, juga melakukan hal yang sama. Jika Apple meraih untung besar berkat penjualan duo iPhone 6, sebaliknya Samsung mengalami penurunan penjualan sebanyak 27 persen.

Seperti dilaporkan MacRumors, Samsung meraih laba bersih mereka pada kuartal akhir 2014 sebanyak 5,3 triliun Won (Rp 61 T). Hasil ini turun ketimbang periode yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai 7,9 triliun won.

Samsung saw net profit of 5.3 trillion won ($4.9 billion), compared to 7.3 trillion won last year, marking its first annual earnings decline in three years and its fifth consecutive quarter of decline. Apple, meanwhile, announced record earnings of $18 billion, largely due to the success of the iPhone 6 and iPhone 6 Plus.

Sementara keuntungan total Samsung di tahun 2014 adalah sebesar 25 triliun, turun dari 36,8 triliun Won di tahun sebelumnya. Jika Apple mengumumkan rekor penjualan iPhone mencapai hampir 75 juta unit, Samsung enggan membeberkan berapa banyak smartphone yang mereka jual di kuartal akhir 2014 itu.


Baca juga:


Samsung seperti diketahui masih menjadi manufaktur chip prosesor utama bagi Apple. Oleh karena itu, divisi yang memberi samsung keuntungan adalah divisi semikonduktornya yang berhasil meraih untung sebesar 2,7 triliun Won.

Untuk mengalahkan Apple di tahun 2015 ini, Samsung berencana menghadirkan smartphone dengan material dan desain baru. Perubahan baru itu muncul menyusul mereka telah merekrut Lee Don-tae, mantan bos studio desain bentukan Jony Ive.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/01/28/samsung-reports-q115-profit-loss/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest