Follow Us

Google Play Ungguli Unduhan, Tapi App Store Jauh Lebih Menguntungkan

Andri Alfansyah - Kamis, 29 Januari 2015 | 11:50
Google Play Ungguli Unduhan, Tapi App Store Jauh Lebih Menguntungkan

Berdasarkan data terbaru dari firma analitik, App annie, Google Play berhasil mengungguli App Store dalam hal jumlah download aplikasi dan game sebanyak 60 persen. Namun soal keuntungan, App Store masih merupakan lahan yang jauh lebih menguntungkan.

Sebagaimana dilaporkan Re/code, App Store menghasilkan keuntungan hingga lebih dari 70 persen. Alasannya, pengguna Apple cenderung lebih bersedia melakukan transaksi In-App-Purchase.

2014 was a big year for Android apps and games; Google Play outpaced Apple’s App Store in downloads by about 60 percent, according to a new report from analytics firm App Annie.

But fortunes were reversed when it came to monetization, as the App Store made more than 70 percent more in revenue than Google Play last year. This is a continuation of a long-running trend observed by developers: Apple has less market share than Android, but its users tend to be far more willing to make in-app purchases.


Baca juga:


Sebuah contoh konkritnya adalah penjualan game puzzle Monument Valley di OS yang sukses besar. Pengembangnya, UsTwoGames, belum lama ini mengumumkan pendapatannya besarnya yang menyentuh hampir Rp 72 miliar atau sebesar 81,7 persen ketimbang versi Android-nya.

Dalam laporan itu disebutkan hanya tiga 3 negara yang dilaporkan penyumbang keuntungan terbesar App store, yaitu AS, Jepang, dan Korea dibanding negara lainnya di dunia. Sementara negara BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) diklaim sebagai kawasan dengan pertumbuhan tercepat.

Jadi jumlah download yang besar belum tentu membuktikan keuntungan yang diraup juga besar. Apalagi pemilik perangkat iOS tak segan menghamburkan uangnya di App Store karena kualitas aplikasi dan game-nya sudah tak diragukan lagi. iOS akan masih menjadi pilihan menguntungkan tidak hanya buat Apple, tapi juga banyak pengembang dan penggunanya.

[source site_name = “Re/code” site_url = “http://recode.net/2015/01/28/google-play-downloads-are-growing-faster-but-apple-is-still-winning-the-money-race/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest