Follow Us

Alfred Remote, Perintahkan Komputer Mac dari iPad, iPhone

Bagus Hernawan - Kamis, 29 Januari 2015 | 16:29
Alfred Remote, Perintahkan Komputer Mac dari iPad, iPhone

Setelah sebulan menunggu, akhirnya Alfred Remote resmi tersedia untuk pengguna perangkat iOS yaitu iPad dan iPhone. Sesuai dengan bocoran yang diberikan, aplikasi ini dapat membantu kamu melakukan remote ke perangkat OS X yang menginstal Alfred + mendukung workflows. Sebelum membahas lebih lanjut, silahkan simak video Alfred Remote dari sang pengembang berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Instal dan Lakukan Pengaturan Alfred Remote

Setelah mengunduh aplikasi dengan harga $4.99 ini kamu dapat langsung segera mencobanya. Pengaturan dimulai dengan membuka Alfred di OSX dan Alfred Remote iOS yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Setelah itu berikan autentifikasi berupa kode keamanan untuk proses pairing. Bila kode keamanan yang kamu masukkan sudah benar, tampilan Alfred Remote sudah dapat kamu nikmati seperti gambar di pembahasan berikutnya.

Mengenal Tampilan Alfred Remote

Bila digunakan pada perangkat iPad dalam posisi landscape, sisi samping akan diisi oleh sidebar dengan daftar 5 kolom. System Commands yaitu segala pengaturan remote untuk sistem seperti mengaktfifkan Screen Saver, lock atau sleep perangkat komputer, restart dan beragam lainnya.

Setelah itu ada kolom Applications untuk membuka aplikasi yang kamu butuhkan. Lanjut di bagian ketiga adalah Preferences untuk memanggil semua jenis pengaturan yang ada di aplikasi System Preferences. Sisanya adalah Folders and Files untuk shortcut membuka folder favorit dan Bookmarks yang dapat membuka catatan web yang kamu daftarkan.

Secara performa, setiap action yang saya coba berhasil diproses oleh Alfred Remote dengan cepat. Mulai dari memutar lagu yang sedang dihentikan, mematikan semua aplikasi yang sedang digunakan hingga mematikan komputer. Ingin fitur yang lebih lengkap? Bikin saja workflow kamu sendiri!


Baca Juga: Alfred 2 Hadir Dengan Workflows dan Pembuatan Tema


Tambahkan Sendiri Fiturnya!

Selain mendukung berbagai hal diatas, Alfred Remote juga bisa kamu kustomisasi dengan halaman tambahan. Tinggal buka pengaturan Remote di Alfred komputer Mac, tekan ikon +, Blank Page. Silahkan isi judul dan sub judul dari halaman baru tersebut beserta beberapa pengaturan lainnya.

Bila sudah selesai, ada kolom ikon yang dapat kamu isi dengan berbagai hal seperti aplikasi favorit, folder tambahan Clipboard Snippet bahkan menjalankan AppleScript dan perintah Terminal. Gak cuman itu, Alfred Remote juga mendukung fitur Workflows jika kamu sudah berlangganan Alfred Powepack. Untuk info lebih lengkap mengenai Alfred Remote dan workflows, silahkan buka laman Alfred Forum ya!

Akhir Kata

Untuk kamu yang sedang mencari aplikasi launcher sekaligus kendali perangkat Mac dalam sebuah jaringan internal, Alfred Remote adalah pilihan yang tepat. Masih banyak fitur yang dapat digali pada aplikasi ini, terlebih jika kamu dapat memanfaatkan Alfred Powerpack dengan fitur workflow yang mendukung kustomisasi pengaturan ekstra leluasa.

Tertarik untuk mengunduh Alfred Remote? Silahkan gunakan tautan di bawah ya!

Download Alfred Remote ร‚ยท Harga: 75000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest