Follow Us

Penjualan Anjlok, Tim Cook Yakin Pangsa Pasar iPad Masih Akan Cerah

Andri Alfansyah - Kamis, 29 Januari 2015 | 17:12
Penjualan Anjlok, Tim Cook Yakin Pangsa Pasar iPad Masih Akan Cerah

Di antara semua produk Apple, hanya iPad yang menunjukan penjualan yang tidak begitu menggembirakan. Pada kuartal itu, penjualan iPad turun 18 persen dan pemangkasan harga jual rata-ratanya juga turun sebanyak 22 persen. Kendati demikian, CEO Apple Tim Cook percaya bahwa iPad masih akan cerah.

Seperti dilansir MacWorld, CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa lini iPad sedang mengalami kanibalisme oleh iPhone dengan layar besar dan komputer Mac di sisi lainnya. Penyebabnya lainnya adalah siklus upgrade iPad yang berada di antara iPhone (2 tahun) dan Mac (5 tahun).

So over time, Cook thinks people will keep buying iPads, but probably not as often as they tend to upgrade their iPhones. With iPhones getting bigger and MacBook Airs dropping in price last year, the iPad is also getting squeezed from both sides by Apple’s own products: “There’s probably some level of cannibalization that’s going on, with the Mac on one side and the phone on the other.”

Untuk itu, Apple pun akan memfokuskan diri untuk menyasar pembeli pertama kali yang tingkatnya diklaim masih sangat tinggi di beberapa negara maju, seperti AS, Jepang, dan Inggris, serta Tiongkok, di mana pasarnya sangat menjanjikan.

First-time buyer rates are very high. By very high, I mean that if you look at some of the developed markets, like the US, Japan, the UK, you would find that 50 percent of the people are buying an iPad for the first time. If you look in China it’s over 70 percent. And so when you have that kind of first-time buyer rates, you don’t have a saturated market.

Lalu lintas penggunaan iPad di ranah maya juga mendorong iPad menjadi perangkat tablet yang populer. Tim Cook menyebutkan bahwa tingkat penggunaan iPad di dunia maya adalah sebesar 71 persen dari total tablet dan di situs jual beli online, penggunaan iPad menyentuh angka lebih dari 80 persen.

Selain itu, kerjasamanya dengan IBM untuk menghadirkan aplikasi dan layanan bisnis hingga 100 buah hingga akhir tahun ini buat kalangan perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar iPad.

[source site_name = “MacWorld” site_url = “http://www.macworld.com/article/2876245/the-6-things-you-need-to-know-about-apples-best-quarter-ever.html#tk.rss_news”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest