Follow Us

Cara Sembunyikan Akun Tambahan di Jendela Login OS X

Bagus Hernawan - Senin, 02 Februari 2015 | 14:51
Cara Sembunyikan Akun Tambahan di Jendela Login OS X

Apakah kamu punya lebih dari satu user account di perangkat komputer Mac? Terkadang akun tambahan itu berisi data kerjaan sensitif dan kamu ingin menjaganya dari tangan teman yang usil atau si kecil di rumah. Nah daripada kesulitan mengingat password yang panjang, sembunyikan saja akun tadi dari jendela login awal. Berikut ini tutorialnya:

Matikan Automatic Login

Sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus sudah memiliki minimal 2 user account dan mematikan mode Automatic Login di OS X. Jika tidak, komputer akan otomatis masuk ke sebuah akun tanpa memilih mana yang kamu inginkan. Cara mengaturnya adalah lewat System Preferences > User & Groups > Login Options > Automatic Login > Off.

Sembunyikan Akun di Jendela Login Komputer Mac

  1. Pastikan kamu memiliki lebih dari satu akun ya. Cek dahulu nama akun tersebut di System Preferences > User & Groups.
  2. Buka aplikasi Terminal dari folder Applications > Utilities. Atau gunakan akses cepat lewat Spotlight.
  3. Salin perintah di bawah ini dan paste di Terminal, ganti kata AKUNKEDUA dengan nama user account yang ingin kamu sembunyikan.
    sudo dscl . create /Users/AKUNKEDUA IsHidden 1
  4. Masukkan password akun yang sedang kamu gunakan lalu tekan enter untuk mengakhiri pengaturan.
  5. Silahkan restart perangkat komputer Mac atau Log out untuk masuk ke jendela pemilihan akun. Apakah akun yang tadi kita atur masih tampak?
Lantas bagaimana cara masuk ke akun tersebut? Pada jendela login, tekan tombol Other lalu ketikkan nama dan password akun kamu secara manual.


Baca Juga:


Yuk Tampilkan Kembali!

Gak sulit kok untuk kembali ke pengaturan akun normal. Gunakan perintah yang sama – cukup ubah angkat 1 di akhir menjadi angka 0.

sudo dscl . create /Users/AKUNKEDUA IsHidden 0
Setelah selesai, silahkan restart perangkat kamu dan selamat berjumpa kembali dengan akun simpanan.

Akhir Kata

Fitur ini bermanfaat untuk kamu yang berbagi pakai perangkat komputer Mac dengan keluarga – anak kecil sebagai contoh. Kamu bisa tetap aman membiarkan si kecil bermain di Macbook Pro misalnya, tanpa takut dokumen pekerjaan terhapus atau hal semacamnya. Selamat mencoba ya!

[source site_name = “OS X Daily” site_url = “http://osxdaily.com/2015/02/01/hide-specific-user-account-mac-os-x/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest