Follow Us

(Foto) Mengintip “Joki” di Balik Rating Tinggi App Store

Andri Alfansyah - Rabu, 04 Februari 2015 | 12:18
(Foto) Mengintip “Joki” di Balik Rating Tinggi App Store

Apakah kamu mempercayai bahwa rating aplikasi App Store berasal dari pengguna asli? Bisa jadi tidak. Setidaknya hal itulah yang terjadi pada kejadian sulit dipercaya berikut yang dikicaukan oleh seorang pengembang aplikasi prototipe TapCase, Simon Pang, belum lama ini.

Seperti dilansir dari akun Twitter miliknya (via Geek), Simon Pang mengicaukan sebuah foto dengan caption yang mengejutkan bagi siapa saja yang membacanya. Tampak dalam foto, seorang wanita sedang dipekerjakan, duduk dengan puluhan perangkat iPhone dan iPad di hadapannya.

Wanita tersebut diduga diperkerjakan sebagai ‘joki’ untuk memberikan rating tinggi buat aplikasi tertentu terus-menerus. Hal ini mengindikasikan seakan-akan banyak pengguna yang menyukai aplikasi itu.

Kicauannya yang mendapat perhatian besar netizen hingga 5.200 retweet hinga berita ini diturunkan tentu membuat siapa saja yang membacanya terperangah dan memunculkan anggapan negatif terhadap rating aplikasi yang didapat suatu aplikasi tertentu secara tak wajar. Sistem ini semacam jasa Like Facebook, tapi itu diganti sebagai rating di App Store.


Baca juga:


Mungkin dari kamu sering melihat aplikasi biasa saja memiliki rating tinggi ketimbang aplikasi yang bagus. Bisa jadi pengembangnya menggunakan taktik yang sama untuk menempatkan aplikasi ke bagian atas chart aplikasi populer dan mendapatkan ceruk yang banyak.

Benar atau tidaknya foto tersebut, pengembang besar juga kemungkinan melakukan yang hal yang sama untuk aplikasinya, seperti dikicaukan oleh cofounder Fireproof Games, Barry Mead. Ia menyebut banyak pengembang besar setiap hari menggunakan sistem ini.

Kicauan Simon Pang ini mengingatkan kepada kita bahwa rating tinggi suatu aplikasi tidak berarti aplikasi tersebut bagus. Saya sendiri ketika memilih aplikasi bagus adalah dengan melihat antarmukanya terlebih dahulu, bukan dari ikonnya bagus atau ratingnya yang tinggi.

Nah, bagaimana menurutmu soal kicauan Simon Pang di atas? Apakah kamu mempercayai bahwa App Store penuh dengan taktik seperti ini?

[source site_name = “Geek” site_url = “http://www.geek.com/apple/is-this-where-app-store-ratings-actually-come-from-1614968/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest