Follow Us

PhoneExpander, Cara Mudah Menghapus Data di iPhone, iPad & iPod Touch

Bagus Hernawan - Rabu, 04 Februari 2015 | 16:29
PhoneExpander, Cara Mudah Menghapus Data di iPhone, iPad & iPod Touch

Sebagai pengguna perangkat iPhone atau iPad dengan memori penyimpanan 16 GB (atau malah 8GB?) , pasti kamu sering kesal ketika menghadapi jendela informasi lokasi penyimpanan hampir penuh. Menghapus game atau foto terkadang terasa sayang karena masih dibutuhkan. Nah coba gunakan aplikasi PhoneExpander untuk membuatng file kecil atau cache tidak terpakai lewat komputer Mac.

Mengenal PhoneExpander

Seperti yang sudah saya bahas di atas, PhoneExpander berfungsi untuk menghapus file tidak dibutuhkan guna menambah lokasi penyimpanan di perangkat iOS. Ya, mirip dengan CleanMyMac, tapi ini digunakan untuk iPhone, iPad atau iPod Touch.

Meskipun masih diberi label Public Beta (belum versi lengkap), sang pengembang mengklaim aplikasi ini aman untuk kamu gunakan. Namun untuk menjaga dari hal yang tak kamu inginkan, silahkan lakukan backup ke iTunes di komputer dulu ya!

Mencoba PhoneExpander

Setelah mengunduhnya secara gratis di laman pengembang, instal dan buka PhoneExpander lalu hubungkan perangkat iOS via kabel data ke komputer Mac. Aplikasi ini akan mendeteksi nama perangkat dan kamu siap menggunakan – ada 4 ikon di bagian utama layar yaitu Clear Temporary Files, Remove Apps, Clear Photos dan Clear Music yang masih dikunci karena belum selesai dikembangkan.

Seperti namanya, Clear Temporary Files berfungsi untuk menghapus dokumen tidak terpakai pada sebuah aplikasi di perangkat iOS. Tekan ikon berwarna orange tersebut dan berikan waktu untuk PhoneExpander memindai data kamu. Jika telah selesai, pilh dokumen dari aplikasi mana yang ingin kamu hapus lalu tekan tombol Clear di kanan bawah.

Darimana asal dokumen tadi berasal? Nah tim MakeMac sudah mencari tahu dan sepertinya hal ini berasal dari bagian berikut: Settings > General > Usage > Manage Storage. PhoneExpander hanya membantu kamu untuk menghapus bagian Document & Data tersebut dengan lebih mudah – atau massal jika kamu mau. Namun ingat, hal ini berarti membersihkan data atau cache yang ada – chat pada aplikasi messenger misalkan.

Bagian kedua yaitu Remove Apps saya rasa biasa saja. Kamu sekali lagi diberi kemudahan untuk menghapus aplikasi di perangkat iOS secara langsung dengan memberikan tanda centang di sebelahnya lalu tekan tombol Removed Checked.

Nah hal menarik adalah fitur Clear Photos. Kamu dapat memberikan filter berupa interval waktu untuk membantu PhoneExplorer menghapus foto lawas dan menyalin terlebih dahulu ke folder yang kamu tentukan. Seru kan!


Baca Juga:


Akhir Kata

PhoneExpander memang masih berlabel Public Beta, namun tampilan dan preview fiturnya sudah cukup membuat saya terkesan. Saran saya selalu lakukan backup terlebih dahulu dan coba untuk aplikasi yang bukan merupakan daftar favorit kamu ya.

Unduh PhoneExpader


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest