Follow Us

Jalur Downgrade iOS 8.1.2 Masih Terbuka, Ini Tutorialnya

Bagus Hernawan - Senin, 09 Februari 2015 | 15:48
Jalur Downgrade iOS 8.1.2 Masih Terbuka, Ini Tutorialnya

Meskipun telah merilis iOS 8.1.3 dengan banyak perbaikan, Apple masih membuka jalur untuk kamu yang ingin kembali ke iOS 8.1.2. Seperti yang kamu tahu, iOS 8.1.2 termasuk versi yang masih mendukung Jailbreak, baik menggunakan TaiG di Windows atau PP Jailbreak for Mac. Bila kamu ingin kembali ke iOS 8.1.2 dengan alasan ingin menikmati Jailbreak atau hal lain, silahkan simak tutorial berikut ini:

Sebelum memulai tutorial downgrade ini, kamu harus mengunduh file .ipsw iOS 8.1.2 terlebih dahulu lewat perangkat komputer. Bisa melalui laman ipsw.me atau menggunakan bantuan dari tools F0recast agar tidak salah pilih tipe file. Silahkan akses laman tutorial cara deteksi ipsw untuk lebih lengkapnya.


Baca Juga:

Cara Downgrade ke iOS 8.1.2

  1. Pada perangkat iOS, matikan pengaturan Find My iPhone (Settings > iCloud > Find My iPhone) serta Passcode Lock (Settings > Passcode).
  2. Hubungkan perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch kamu ke perangkat komputer yang sudah terinstal iTunes dengan kabel data. Lakukan backup terlebih dahulu untuk mengamankan data.
  3. Pastikan komputer kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan memadai ya!
  4. Tekan ikon iPhone atau iPad di sebelah kanan atas iTunes, masuk ke tab Summary di kiri atas layar.
  5. Tekan dan tahan tombol Option di keyboard + tombol Restore iPhone di iTunes. Sebagai catatan, bila kamu menggunakan komputer Windows, ganti option dengan tombol Shift.
  6. Jendela Finder akan tampil di layar untuk mencari file .ipsw yang sudah kamu unduh. Pilih file tersebut dan mulai proses downgrade.
  7. Setelah selesai, pilih Restore from Backup untuk mengembalikan semua data dan pengaturan kamu ke perangkat yang sudah turun ke iOS 8.1.2.
Jika masih kurang jelas, kamu dapat menyimak video tutorial yang sudah dibuat oleh akun AppleTechSpot berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Catatan

Tidak ada yang tahu sampai kapan jalur downgrade ini dibuka oleh Apple. Saran saya pastikan terlebih dahulu sebelum kamu memulai langkah di atas dengan membuka laman ipsw.me, pilih jenis perangkat dan sorot pada bagian iOS version. Jika versi iOS berwarna hijau, itu artinya kamu masih bisa restore ke versi tersebut.

Selamat mencoba ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest