Follow Us

Microsoft OneNote di iPad dan OS X Kini Mendukung Fitur OCR

Bagus Hernawan - Jumat, 20 Februari 2015 | 17:57
Microsoft OneNote di iPad dan OS X Kini Mendukung Fitur OCR

Microsoft kembali merilis update untuk aplikasi digital notebook andalannya, OneNote for iPad. Kali ini mereka melengkapinya dengan fitur yang sudah lama saya nanti – OCR dan Handwriting alias menulis dengan tangan atau stylus. Berikut ini video dan catatan lengkap pembaruan Microsoft OneNote for iPad versi 2.9:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

  • Handwriting – Sometimes, there’s just no substitute for putting pen to paper and sketching out your next great idea.
  • OCR for Images – Search for text contained within images in your OneNote notebooks.
Dapat kamu lihat pada video dan catatan di atas, sekarang OneNote sudah tampil sangat lengkap. Fitur Handwriting membuatnya mencuri hati para pengguna Evernote. Ya, kamu bisa mengambil catatan artikel di Safari menggunakan fitur Share Extension iOS 8 lalu mengirimnya ke OneNote untuk dicoret-coret dengan tanda yang dibutuhkan.

OCR alias Optical Character Recognition juga saya rasa teknologi yang patut untuk segera kamu coba di OneNote dengan kombinasi ke akun cloud service OneDrive. Bagi kamu yang belum tahu, OCR adalah teknologi pemindai teks dari sebuah foto dan mengubahnya menjadi dokumen yang bisa disalin atau dirapikan. Fitur serupa juga hadir di aplikasi utilitas lain seperti Scanbot atau Evernote Scannable.


Baca Juga:

OneNote for Mac Juga Ada Update!

Biar gak dibilang pilih kasih, Microsoft juga memberikan pembaruan pada OneNote for Mac yang dapat kamu koneksikan ke versi iOS. Tidak jauh berbeda, versi yang dapat kamu instal di OS X Yosemite ini juga kini mendukung fitur OCR! Selain itu ada beberapa hal baru lainnya yang hadir sebagai permintaan para pengguna setia OneNote. Berikut ini catatannya:

  • OCR for Images – Search for text contained within images in your OneNote notebooks. Existing images will also become searchable soon!
  • Hide authors – You asked, we listened. Now you can hide author initials in shared notebooks from the View tab.
  • Close Window – This has been a popular request. You can now close the OneNote window without quitting the app!
  • Bug fixes
Seperti penjelasan saya sebelumnya, OCR juga kini tersedia di OneNote for OS X. Bedanya dengan iOS, di versi ini Microsoft akan memberikan fitur pencarian teks yang ada di gambar pada pembaruan berikutnya.

Sering berbagi catatan kepada teman atau keluarga? Nah jika kamu terganggu dengan label Authors yang ada di setiap catatan yang kamu bagi, sembunyikan saja dengan fitur baru yang dapat diakses dari bagian View. Microsoft juga menambahkan mode menutup jendela aplikasi tanpa perlu keluar dari OneNote – cocok untuk kamu yang malah menggunakan fitur hide alias cmd + M.

Segera unduh pembaruan OneNote for iPad dan OneNote for OS X dari tautan di bawah ini ya:

Halaman Selanjutnya

OneNote for iPad
1 2

Editor : Bagus Hernawan

Latest