Follow Us

3 Regional Apple ID yang Wajib Kamu Punya

Bagus Hernawan - Kamis, 26 Februari 2015 | 18:51
3 Regional Apple ID yang Wajib Kamu Punya

Sebagai seorang pengguna perangkat iOS dan tester berbagai game atau aplikasi, tim MakeMac menggunakan lebih dari sebuah Apple ID. Setiap Apple ID pun memiliki regional (alamat negara) berbeda karena terkadang ada sebuah game yang masih softlaunching dan belum tersedia di tempat lain atau alasan lain. Berikut ini 3 regional Apple ID yang dapat kamu pilih dan keistimewaan dari masing-masingnya:

Pertama Jelas Regional Indonesia

Apple ID regional Indonesia sebetulnya baru ngetop beberapa tahun ini semenjak pengguna kartu kredit semakin banyak. Ditambah sekitar 2 tahun belakang Apple mulai menghadirkan sistem Gift untuk iTunes Gift Cards regional ini. Sontak hal ini membuat berbagai online shop menawarkan jasa pembeian iTunes Gift Card regional Indonesia mulai dari 100 ribu Rupiah bahkan hingga 1 Juta Rupiah.

Kelebihan Apple ID regional Indonesia adalah mendukung kartu kredit yang kamu miliki sebagai sistem pembayaran serta banyaknya penjual iTunes Gift Cards dengan harga bersaing. Selain itu pembelian musik di iTunes Store juga terasa lebih murah, karena terkadang Apple tidak membuat update kursnya secara realtime.


Baca Juga:

Regional US Favorit Sejak Dahulu

Sekitar 7 tahun lalu hingga sekarang saya masih menggunakan Apple ID dengan regional US alias Amerika Serikat. Selain karena voucher iTunes Gift Cards yang tidak terlalu sulit didapatkan, regional ini biasanya punya game atau aplikasi yang lebih lengkap – daripada Indonesia memang.

Hal menarik lainnya adalah channel Podcast yang biasanya lebih lengkap, mendukung iTunes Radio dan dulu ada bagian musik plus video klip gratisan mingguan yang dapat kamu peroleh. Sayangnya kini bagian tersebut dihilangkan oleh Apple.

Saran saya untuk kamu yang ingin membuat Apple ID regional ini, cari info negara bagian yang tidak menerapkan pajak pembelian online. Jadi ketika kamu membeli aplikasi seharga $0.99 – tidak ada tagihan eksra untuk membayar tax.

Regional New Zealand Favorit Para Tester

Beberapa pengembang sering merilis gamenya secara soft launching selama beberapa bulan terlebih dahulu di regional tertentu sebelum tersedia umum. Nah 2 regional yang paling sering digunakan adalah New Zealand dan Kanada. Menurut informasi yang tim MakeMac dapatkan, 2 negara ini dipilih karena memiliki pola konsumen mirip US dan memiliki kemampuan finansial yang cukup mapan untuk bertransaksi online.

Beberapa contoh game yang soft launching di negara ini adalah Sim City BuildIt dan berbagai game dari Rovio – yang memang markas pengembangnya berasal dari New Zealand.

Tambahan

Kamu memang dijinkan untuk memiliki beberapa Apple ID dalam sebuah perangkat iOS. Namun saran saya, tetap gunakan sebuah Apple ID utama untuk melakukan berbagai hal di seluruh perangkat Apple – akun iMessage, Family Sharing, Find My iPhone. Apple ID pelengkap tadi silahkan kamu fungsikan sesuai dengan fitur khususnya saja.

Informasi tambahan yang bermanfaat:


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest