Follow Us

Apple Merilis MacBook 12 inci Paling Ringan, Tipis & Revolusioner

Bagus Hernawan - Selasa, 10 Maret 2015 | 02:46
Apple Merilis MacBook 12 inci Paling Ringan, Tipis & Revolusioner

Ajang Apple Event bertema Spring Forward baru saja usai berlangsung. Sepanjang acara 1,5 jam ini perhatian saya sangat fokus pada sebuah produk – The New MacBook. Ya, Apple mengenalkan komputer ekstra portabel barunya dengan spesifikasi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Berikut ini beberapa rinciannya.

Kembali Ke Masa Lalu, 12 Inci

Philip Schiller mengisi sesi pengenalan MacBook baru dengan waktu yang cukup mendominasi. Perangkat komputer ini dibuat dengan layar 12 inci, seperti era PowerBook beberapa tahun silam. Bedanya kamu akan menemui resolusi layar Retina Display yaitu 2304×1440 di 226 ppi (pixels per inch).

Hal lainnnya adalah penggunaan metal alias logam di seluruh penjuru permukaan, bahkan hingga ke engsel MacBook yang selama ini dikalim kurang kuat karena masih berbahan plastik. Sebagai tambahan, MacBook 12 inci juga tersedia dalam 3 warna utama yaitu Silver, Grey dan Gold.

Teknologi Input Terbaru

Dua teknologi input baru ada di keyboard dan trackpad. Keduanya sangat revolusioner dan menarik. Pertama yaitu tuts keyboard dengan teknologi butterfly mechanism yang membuat kamu tidak perlu menekan sebuah tuts tepat di tengahnya.

Masih di keyboard, pengguna juga dapat menikmati lampu untuk setiap tuts (backlight keyboard) dengan lebih terang karena sekarang setiap LED terpasang di balik masing-masing tuts. Dari beberapa sumber juga disebutkan, font untuk bagian huruf di keyboard MacBook kini diganti menggunakan San Francisco font – milik Apple Watch

Force Touch trackpad adalah teknologi menarik berikutnya untuk mode input. Di MacBook ini kamu dapat mengatur 4 sensor di setiap sudutnya dalam menerjemahkan sentuhan kamu. Teknologi Taptic Engine juga dihadirkan untuk membuat pengguna lebih mudah menekan setiap bagian trackpad tanpa perlu tenaga yang besar.

Perangkat Keras Intuitif

Bicara tentang konektor, MacBook 12 inci hanya memiliki sebuah port USB-C untuk mengisi daya atau transfer data serta sebuah konektor headset di sisi kanan. Penjelasan mengenai USB-C akan kami ulas di artikel lainnya ya.

Lanjut ke jeroan alias hardware yang digunakan juga sangat jauh berbeda dengan sebelumnya. Prosessor diambil dari Intel Core M 1.1 Ghz, VGA Intel HD Graphic 5300, 8 GB Ram dan 256 GB SSD. Hal ini membuat MacBook 12 inci memiliki ukuran logic board sangat kecil (67% lebih kecil) dan paling heboh – tidak menggunakan kipas pendingin!

Bagaimana dengan baterai? Tentu saja bagian sumber daya ini tidak luput dari perhatian Apple. Mereka mendesainnya dengan sistem terraced battery cell. Hal ini berhasil membuatnya memiliki kapasitas baterai 35% lebih banyak daripada sistem sel kotak yang pernah ada sebelumnya.

Dengan spek yang kencang dan segala kehebatannya, gak heran jika Apple memberikan harga mulai dari $1299 hingga $1599 untuk produk yang dapat kamu beli mulai 10 April di Apple Store.

Bagaimana pendapat kamu tentang MacBook 12 inci? Berminat membeli? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “Apple” site_url = “http://apple.com/macbook”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest