Follow Us

Review Screenshot++, Kelola Gambar Screenshot + Mendukung iCloud

Bagus Hernawan - Rabu, 11 Maret 2015 | 11:37
Review Screenshot++, Kelola Gambar Screenshot + Mendukung iCloud

Untuk membuat artikel di Makemac, saya biasa mengambil gambar screenshot dari sebuah aplikasi – bahkan terkadang di beberapa perangkat sekaligus. Hal tersebut membuat saya sering kesulitan karena harus mengirim gambar satu persatu ke komputer. Tapi masalah ini berhasil saya atasi dengan Screenshot++.

Aplikasi karya pengembang Wesley Dyson ini punya fitur utama mengumpulkan dan organisir dokumen Screenshot dari berbagai perangkat ke sebuah akun iCloud. Penasaran? Yuk simak reviewnya:

Mengenal Screenshot++

Screenshot++ tersedia secara universal untuk iPhone dan iPad ini dibanderol seharga $3.99. Tampilannya juga sederhana namun cukup lengkap. Di bagian bawah kamu dapat menemukan3 tombol halaman yang minimalis – Photo Library, Private Storage dan More.

Photo Library berisi hasil pencarian gambar screenshot yang ada di Camera Roll. Sedangkan Private Storage adalah folder yang tersinkronisasi ke akun iCloud kamu dan dapat terhubung ke perangkat lain dengan mudah. Bagian terakhir yaitu More berisi beragam pengaturan dan tutorial dasar yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari Screenshot++.

Seperti yang dibahas pada bagian awal, fitur utama Screenshot++ adalah deteksi dokumen screenshot secara otomatis di Camera Roll. Nah setelah mendeteksi, kamu dapat mengaturnya dengan beberapa fitur – simpan ke folder Screenshots Album, unggah ke Private Storage serta memberikan Tag dan tanda Favorites. Mari kita bahas satu-persatu yah!

Organisir Dokumen Screenshot Kamu Yuk!

Gak sulit kok caranya, mulai langkah ini dengan membuka Screenshot++ di bagian Photo Library. Tekan ikon Edit dan pilih beberapa foto yang ingin kamu pindahkan. Setelah memilih foto, tekan ikon + di kanan bawah layar untuk memindahkannya ke Screenshots Album.

Menu organisir lainnya yang dapat kamu pilih adalah memindahkan ke Private Storage (ikon dengan panah kamera ke bawah) dan hapus foto. Sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus mengaktifkan iCloud Drive terlebih dahulu ya. Nantinya jika sudah menggunakan fitur ini, kamu dapat menerima foto yang sama lewat perangkat OS X Yosemite misal di folder iCloud Drive. Menarik kan!

Berikan Tag atau Tanda Favorite Juga Bisa

Selain memindahkan ke folder Screenshots Album, kamu juga dapat memberikan tanda spesial ke beberapa foto kamu. Caranya mudah, masuk ke bagian Photo Library lalu tekan salah satu foto yang kamu inginkan hingga masuk mode fullscreen. Nah jika sudah tinggal tekan ikon hati di bagian kanan bawah layar untuk memberikan tanda Favorite.

Kamu juga bisa memberikan Tag untuk kumpulan foto-foto sejenis kok! Namun bagian ini hanya tersedia untuk menu Private Storage ya. Masuk ke mode fullscreen pada menu tersebut dan tekan tombol Add a Tag di bagian bawah. Masukkan nama Tag yang kamu mau – bisa nama aplikasi atau hal lainnya lalu simpan. Jika kamu ingin melihat list nama Tag yang sudah dibuat, silahkan tekan ikon kaca pembesar di bagian kiri atas layar ya!


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest