Follow Us

CIA Tanam Program Jahat buat Jebol Keamanan iPhone dan iPad

Andri Alfansyah - Rabu, 11 Maret 2015 | 10:54
CIA Tanam Program Jahat buat Jebol Keamanan iPhone dan iPad

National Security Agency (NSA) ternyata bukan satu-satunya agen rahasia pemerintah AS yang berusaha menjebol keamanan enkripsi dalam produk-produk Apple, agen rahasia lainnya Central Intelligence Agency (CIA) juga kabarnya demikian.

Seperti dilaporkan Intercept (via iClarified), para ahli riset dan CIA selama bertahun-tahun ini bekerjasama untuk mendobrak sistem keamanan iPhone dan iPad. Informasi ini sendiri dibeberkan oleh penyelidik keamanan CIA pada pertemuan rahasia tahunan yang disebut “Jamboree”.

Pada pertemuan itu, para penyelidik menyampaikan taktik dan pencapaian mereka dalam mengeksploitasi kelemahan dalam sistem keamanan produk-produk elektronik milik jutaan pengguna Apple.

By targeting essential security keys used to encrypt data stored on Apple’s devices, the researchers have sought to thwart the company’s attempts to provide mobile security to hundreds of millions of Apple customers across the globe. Studying both “physical” and “non-invasive” techniques, U.S. government-sponsored research has been aimed at discovering ways to decrypt and ultimately penetrate Apple’s encrypted firmware. This could enable spies to plant malicious code on Apple devices and seek out potential vulnerabilities in other parts of the iPhone and iPad currently masked by encryption.

Hal yang paling mengejutkan adalah pertemuan pertama mereka untuk membahas strategi penjebolan telah jauh-jauh hari diadakan, yaitu satu tahun sebelum Apple mengumumkan iPhone generasi pertamanya.

Dalam menjebol, para penyelidik CIA itu menggunakan Xcode biasa yang kemudian mereka modifikasi dan menanamkan program jahat di dalamnya untuk mencuri password dan pesan SMS, dalam aplikasi di iPhone. Bahkan, program itu juga diklaim dapat memaksa semua aplikasi untuk mengirimkan data ke mereka. Selain Xcode, mereka juga menggunakan updater OS X yang kemudian mereka modifikasi untuk memasang “keylogger”.


Baca juga:


Apple pun belum mengeluarkan pernyataan resminya mengenai kabar ini. Kendati demikian, Apple telah beberapa kali menyatakan komitmen mereka untuk melindungi privasi penggunanya.

FBI belum lama ini mendesak pemerintah AS untuk membuka akses keamanan enkripsi produk-produk Apple. Namun Tim Cook dalam acara Cybersecurity and Consumer Protection Summit menolak mentah-mentah keinginan FBI itu dengan mengatakan untuk tidak menyerahkan informasi pribadi ke siapapun, termasuk pemerintah.

[source site_name = “iClarified” site_url = “http://www.iclarified.com/47654/the-cia-has-been-conducting-a-sustained-multiyear-effort-to-hack-iphones-and-ipads-report”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest