Follow Us

Seniman Ini Tuduh Apple Menjiplak Karya Seninya

Andri Alfansyah - Selasa, 14 April 2015 | 14:42
Seniman Ini Tuduh Apple Menjiplak Karya Seninya

Masih ingat dengan kampanye iklan Apple bertajuk “Start Something New” yang Apple luncurkan pada awal tahun ini di laman resminya? Nah, iklan kampanye ini mendapatkan gugatan hukum dari seorang seniman bernama Romero Britto.

Seperti dilaporkan MacRumors, Romero Britto yang melayangkan gugatannya pada minggu lalu itu menuduh Apple telah meniru hasil karya-karyanya dalam iklan promosi buat perangkat iPad Air 2.

Tidak hanya Apple, ia juga menuntut Craig Redman & Karl Maier sebagai dua seniman yang telah membuat karya dalam iklan promosi buat Apple menggunakan perangkat iPad dan beberapa aplikasi sketsa buat iOS.

Karya seni yang menjadi gugatan sendiri menampilkan gambar tangan dengan motif warna-warna beragam dan latar belakang warna kuning terang. Apple memberikan keterangan dalam laman promosi bahwa karya seni itu dibuat oleh Craig & Karl dengan menggunakan aplikasi iDraw dan Waterlog di iPad Air 2.

Romero Britto sendiri dikenal sebagai seniman yang karyanya digunakan untuk banyak merek dan memamerkannya di beberapa negara. Ia pun dikenal dengan karya-karyanya yang sederhana namun dengan warna yang terang dan garis yang tegas.


Baca juga:


Sepintas karya di promosi iPad Air 2 (atas) terlihat mirip dengan hasil karya Romero Britto (bawah) namun keduanya tak sama persis dengan menampilkan gambar tangan dengan posisi tangan dan jari serta warna yang sama.

Dalam tuntutannya, Romero Britto sudah meminta Apple untuk berhenti menggunakan karya Craig & Karl tersebut dan meminta ganti rugi. Hingga berita ini diturunkan, Apple belum memberikan keterangan resminya soal tuntutan dari Romero Britto ini. Kita lihat saja perkembangan kasus ini seperti apa.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/04/13/start-something-new-art-lawsuit/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest