Follow Us

Review Flashlight: Ratusan Plugin Cerdas untuk Spotlight di OS X

Bagus Hernawan - Senin, 20 April 2015 | 16:13
Review Flashlight: Ratusan Plugin Cerdas untuk Spotlight di OS X

Salah satu kelebihan sistem operasi OS X dibanding lainnya adalah si cerdas Spotlight. Aplikasi berbasis pencari dokumen atau beragam fitur tambahan ini ternyata bisa dibuat lebih cerdas dengan plugin dari aplikasi Flashlight. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review pada kamu semua pembaca setia.

Mengenal Flashlight

Secara sederhana, Flashlight akan membuat Spotlight memiliki beragam fitur tambahan dengan input fungsi berbasis teks tentu saja. Mulai dari membantu pencarian lewat web, menyimpan catatan, kirim email tanpa membuka aplikasinya dan ratusan hal lain. Bahkan kamu dapat membuat plugin sendiri jika mengerti bahasa pemrogaman yang digunakan!

Karena menggunaan lisensi open platform, siapapun dapat menggunakan Flashlight secara gratis. Bahkan para pengembang berbakat juga dapat ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan plugin buatannya. Silahkan akses laman GitHub Flashlight untuk penjelasan lebih lengkap ya.

Sebagai tambahan informasi, Flashlight juga punya ikon yang dapat diakses lewat menu bar OS X. Fitur ini sangat berguna jika kamu sedang kesulitan untuk mengetik dan ingin memanggil perintah favorit di Flashlight.

Instal & Pilih Sendiri Plugin Favorit!

Selain gratis, Flashlight juga punya kelebihan berupa kustomisasi tambahan plugin ekstra mandiri. Kamu dapat memilih plugin apa saja yang ingin diinstal – atau malah dihapus supaya gak perlu mengingat terlalu banyak. Oke, mari kita mulai tutorial menggunakan Flashlight ya.

Unduh dan instal Flashlight dari laman web NateParrot ya sebagai langkah awal. Setelah itu simak tampilannya yang berbentuk jendela kecil dengan list kategori plugin di sisi samping kiri. Akses setiap list tadi – misal bagian System dan intip beragam plugin yang tersedia disana.

Coba cari salah satu plugin yang sudah terinstal, baca bagian teks dengan tanda petik ( “ ” ) lalu ketikkan di Spotlight kamu. Apakah berhasil memanggil fungsi dari plugin tersebut?

Tambah Plugin? Gampang Banget!

Nah beberapa kolom disana masih diberi label Instal alias belum tersedia pada Flashlight di komputer kamu. Tekan saja tombol tersebut untuk membuat Flashlight mengunduhnya di belakang layar – tombol akan berubah menjadi Uninstal jika sudah selesai. Setelah itu silahkan coba command yang digunakan untuk memanggil plugin tersebut, apakah sudah berhasil?


Baca Juga:

Tertarik Mencoba?

Saya sudah menggunakan Flashlight dan cukup terbantu oleh beberapa fiturnya. Seperti eject kepingan dvd, membuat paragraf berisi kata-kata untuk testing tampilan website (lorem ipsum), translate teks ke bahasa lain atau beragam hal lainnya.

Kemudahan antarmuka, plugin yang terus ditambahkan oleh sang pengembang dan sistemnya yang ada di dalam Spotlight adalah 3 kelebihannya. Segera unduh Flashlight dan ceritakan plugin favorit kamu di kolom komentar ya!

DOWNLOAD FLASHLIGHT


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest