Follow Us

(Tips) Mengatasi Komputer Mac Lemot di OS X Yosemite 10.10.3

Bagus Hernawan - Selasa, 21 April 2015 | 12:16
(Tips) Mengatasi Komputer Mac Lemot di OS X Yosemite 10.10.3

Sistem operasi OS X Yosemite 10.10.3 dirilis Apple dengan beragam perbaikan dan fitur baru seperti emoji dan app Photos dengan iCloud Photo Library. Namun di beberapa kalangan, pembaruan ini justru membuat masalah. Hal paling banyak yang dicatat oleh tim MakeMac adalah booting yang sangat lambat – terutama di perangkat MacBook Air 2012 ke atas.

Jika kamu mengalami masalah yang sama, coba baca beberapa tips ini untuk mengembalikan performa komputer kamu menjadi lebih cepat.

1. Unduh Supplemental Update OS X Yosemite 10.10.3

Seperti yang sudah tim MakeMac beritakan, Apple merilis pembaruan kecil bernama Supplemental Update OS X Yosemite 10.10.3 minggu lalu. Dalam catatannya, pembaruan ini hadir untuk membereskan masalah video driver yang mengacau proses startup. Silahkan unduh pembaruan berukuran 1.2 MB ini dan lakukan restart pada perangkat komputer kamu, apakah sudah lebih cepat?

2. Cek Startup Disk

Sering booting ke sistem OS X yang ada di hardisk external atau menggunakan mode Targer Disk Mode? Nah coba kembalikan pengaturan Startup Disk agar tidak terlalu lama mencari media penyimpanan bootable utama. Caranya mudah, buka aplikasi System Preferences > Startup Disk. Pilih media penyimpanan utama kamu (hardisk internal) lalu restart komputer.

3. Jurus Andalan, Reset PRAM & SMC

PRAM alias Parameter Random-Access Memory adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan beberapa pengaturan seperti info mengenai Startup Disk, volume dan resolusi layar. Namanya juga mesin, bagian ini bisa saja tidak berjalan sempurna dan perlu diatur ulang alias reset. Berikut ini langkah reset PRAM:

  1. Matikan komputer Mac.
  2. Nyalakan dan segera tekan dan tahan 4 tombol ini: Option, Command (⌘), P, dan R. Pastikan kamu menekan dan tahan keempatnya sebelum display berubah menjadi warna abu-abu.
  3. Terus tahan hingga komputer kamu restart untuk mendengarkan suara startup (“DONG”) 2x.
  4. Lepaskan 4 tombol tadi dan komputer Mac kamu siap kembali digunakan.
Informasi lengkap mengenai PRAM dapat kamu akses di laman OS X Yosemite: Reset your computer’s PRAM.

Lanjut ke reset SMC (System Management Controller) , pengaturan ini juga bisa menjadi jurus andalan untuk mengatasi masalah seputaran perangkat keras atau booting yang melambat. Berikut ini tutorial reset SMC untuk perangkat komputer Mac dengan baterai yang tidak bisa dilepas:

  1. Matikan MacBook Pro, MacBook atau MacBook Air kamu.
  2. Hubungkan ke perangkat MagSafe.
  3. Tekan dan tahan 4 tombol: Shift, Control, Option (semuanya yg ada di sisi kiri keyboard) dan power button.
  4. Jika kamu melakukan langkah ketiga dengan benar, lampu di MagSafe yang terhubung ke komputer akan berkedip.
  5. Nyalakan komputer dengan menekan tombol power.
Informasi lengkap untuk Reset SMC dapat kamu akses di laman Resetting the System Management Controller (SMC) on your Mac.


Baca Juga:

Punya Tips Lain?

Tiga tips tadi sudah dicoba oleh beberapa pengguna MacBook Air di laman forum Apple Support dan berhasil mengatas komputer Mac yang lemot di OS X Yosemite 10.10.3. Apakah kamu punya tips lain? Silahkan bagikan di kolom komentar yah!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest