Follow Us

Nokia Mau Jual Divisi HERE Maps kepada Apple

Andri Alfansyah - Kamis, 23 April 2015 | 15:00
Nokia Mau Jual Divisi HERE Maps kepada Apple

Nokia belum lama ini berencana untuk menjual divisi bisnis peta miliknya, HERE Maps, seiring dengan terus anjloknya keuntungan yang didapatkan. Entah perusahaan mana yang berminat membeli, Nokia dikabarkan tengah menyasar Apple sebagai salah satu pembeli potensialnya untuk divisi pemetaannya tersebut.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Nokia berencana menjual divisi HERE Maps dengan harga $3,2 milyar dollar. Nilai ini lebih kecil dari kocek yang dikeluarkan perusahaan ponsel asal Finlandia tersebut. Nokia membeli HERE Maps dari Navteq sebesar $8,1 milyar pada tahun 2008 silam.

Nokia Oyj, the Finnish company selling its money-losing maps business, is trying to drum up interest from some of the biggest names in technology including Apple Inc.,

Jika Apple bersedia, tak diragukan lagi bahwa data yang ada dalam HERE Maps akan sangat berguna untuk Apple Maps yang pernah menuai kritikan tajam pada awal peluncurannya. Kala itu, Apple Maps tidak memberikan informasi yang akurat.

Selain itu, data HERE Maps bisa diklaim membuat Apple Maps menjadi pesaing serius buat Google Maps. Namun demikian, Apple Maps yang berangsur-angsur sudah lebih baik; bahkan Apple pernah merekrut seorang mantan eksekutifnya HERE Maps, tidak diketahui apakah Apple berminat.


Baca juga:


Nokia beberapa tahun ini memang memiliki nasib yang kurang mujur. Perusahaan ini sebelumnya menjual divisi ponsel miliknya kepada Microsoft setelah tak mampu bersaing di ranah mobile dengan Apple dan banyak pabrikan ponsel Android.

Setelah HERE Maps terjual, Nokia dilaporkan akan memfokuskan diri pada layanan dan peralatan jaringan mobile untuk bersaing dengan Huawei Technologies Co. Nokia percaya diri mampu bersaing dengan Huawei usai mengakuisisi perusahaan jaringan asal Perancis Alcatel-Lucent dengan nilai yang sangat fantastis, yaitu 15.6 milyar Euro.

Selain Apple, Nokia juga menjajakan divisi HERE Maps miliknya kepada perusahaan besar lain, seperti Facebook, Amazon, Alibaba, dan lainnya. Walau merupakan pesaing Apple Maps, HERE Maps yang sempat ditarik di iOS 7 saat ini tersedia gratis di App Store buat kamu unduh.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/articles/2015-04-22/nokia-said-to-target-apple-alibaba-and-amazon-in-maps-unit-sale”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest