Follow Us

Hocus Focus: Tetap Fokus Tanpa Aplikasi Bertumpuk di OS X

Bagus Hernawan - Senin, 27 April 2015 | 18:11
Hocus Focus: Tetap Fokus Tanpa Aplikasi Bertumpuk di OS X

Sebagai seorang penulis dengan perangkat komputer Mac, saya kadang terganggu dengan beragam jendela aplikasi yang saling bertumpuk. Melakukan Hide (shortcut cmd+m) justru kadang merepotkan karena harus mengarahkan pointer mouse ke Dock untuk menampilkan kembali. Jika kamu mengalami masalah yang sama, coba gunakan Hocus Focus untuk membuat komputer Mac secara otomatis menyembunyikan aplikasi dalam batasan waktu tertentu. Berikut ini hasil review saya terhadap aplikasi gratisan dari pengembang Nial Giacomelli.

Mengenal Hocus Focus

Seperti penjelasan di awal, Hocus Focus berfungsi untuk mendeteksi aplikasi apa saja yang terbuka di sistem OS X, lalu memberi timer atau batas waktu. Nah jika batas waktunya telah tercapai pada aplikasi yang tidak kamu gunakan, Hocus Focus akan menyembunyikan dari tampilan desktop – mencegah aplikasi saling bertumpuk.

Contoh paling mudah nih, saya biasa menggunakan Telegram Messenger dan LINE di komputer Mac secara bergantian. Nah ketika saya berpidah ke LINE, Telegram Messenger yang ada di lapisan kedua tampilan akan hilang dari belakang setelah 30 detik tidak diakses. Menarik kan?

Langsung Instal dan Cobain Yah!

Setelah mengunduh Hocus Focus secara gratis, kamu dapat langsung memindahkan aplikasi ini ke folder Applications dan buka untuk melihatnya di Menu Bar OS X. Tampilannya sederhana, dengan ikon tongkat ala tukang sulap, pengguna dapat mengintip daftar aplikasi apa saja yang sedang aktif dan mengatur timer dengan bentuk slider bar.

Geser ke kanan untuk memperpanjang waktu sembunyikan aplikasi atau geser kiri mentok untuk Disabled alias mematikan mode hide untuk aplikasi tersebut. Saya sendiri mematikan mode Hide untuk peramban Safari yang harus selalu terbuka dan mengeset timer pendek untuk beberapa aplikasi messenger seperti Telegram Messenger, LINE atau yang lainnya.

Butuh Konsentrasi Penuh?

Sedang butuh konsentrasi penuh dalam sebuah aplikasi dan gak ingin terganggu oleh tampilan lainnya? Mudah saja, gunakan Focus Mode yang dapat kamu akses dari menu bar Hocus Focus > Ikon Gir > Focus Mode. Mode ini akan membuat setiap aplikasi yang tidak sedang kamu gunakan otomatis masuk mode sembunyi seketika. Menarik kan?

Masih ada yang lebih menarik lagi nih yaitu fitur shortcut. Ya, kamu dapat dengan cepat berpindah dari mode bawaan atau Focus mode secara cepat. Cara pengaturannya mudah juga kok, masuk ke ikon gir > Setting dan atur hotkey dengan kustomisasi kamu sendiri. Tekan kombinasi keyboard tadi kapanpun ketika kamu membutuhkan – akan tampil ikon teks pemberitahuan di tengah layar sebagai informasi mode yang digunakan.


Baca Juga:

Akhir Kata

Saya sudah menggunakan Hocus Focus dan menikmati kemudahan untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak digunakan di belakang layar. Bedanya dengan mode hide bawaan OS X adalah aplikasi tersebut dapat dengan mudah kamu panggil uang lewat tab switcher, tanpa perlu akses ke Dock

Hocus Focus dapat kamu unduh gratis di laman sang pengembang. Namun kamu dapat turut serta mendukung pengembang berbakat ini dengan mengirimkan donasi lewat akun PayPal atau lainnya. Selamat mencoba ya!

DOWNLOAD HOCUS FOCUS


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest