Follow Us

Review Pins, Bookmark Manager Ekstra Leluasa & Fitur Organisir Handal

Bagus Hernawan - Selasa, 28 April 2015 | 18:06
Review Pins, Bookmark Manager Ekstra Leluasa & Fitur Organisir Handal

Seharian di depan perangkat komputer dan berselancar di dunia maya membuat saya menyimpan banyak laman penting dengan fitur bookmark. Jika kamu juga sedang mencari aplikasi bookmark manager lengkap dan sistem folder leluasa, coba gunakan Pins dari pengembang Fabio Russo deh. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review untuk kamu.

Mengenal Pins

Pins dapat kamu unduh di Mac App Store dengan harga $19.99 atau gratis sebagai percobaan (trial mode) melalui laman webnya. Secara tampilan, aplikasi ini punya desain yang kompak dan tegas – 3 kolom utama dan fitur folder yang mudah dikustomisasi. Bahkan Pins juga mendukung akun aplikasi bookmark lain seperti Delicious dan Pinboard jika kamu menggunakannya.

Tiga kolom utama di Pins berisi sidebar plus daftar Library, bagian tengah berisi preview laman web yang sudah kamu simpan dan bagian paling kanan adalah detail info yang ada di setiap catatan bookmark kamu.

Ada juga fitur pengubah tampian di bagian bawah berupa bentuk kolom, list atau lainnya. Sedangkan di bagian atas ada deretan ikon shortcut untuk menambahkan bookmark secara manual, preview, delete dan juga kolom pencari.

Langsung Cobain Pins Yah!

Secara sederhana ada 2 cara untuk menyimpan halaman web favorit kamu ke Pins – lewat Extensions atau manual yaitu gunakan ikon (+) di tampilan atas aplikasi tersebut. Gak ada yang sulit, semuanya semudah menekan tombol atau salin tautan saja.

Nah ini bagian paling seru, organisir bookmark kamu! Ya, di Pins kamu dapat membuat folder secara mudah dan menggunakan nested folder tanpa batas. Bahkan ada juga fitur proteksi folder bookmark kamu dengan password. Menarik kan?

Kelola Bookmark Lebih Cerdas

Masih belum puas dengan fitur folder yang dapat membuat semuanya rapi? Tenang, Pins juga memberikan fitur organisir tambahan dari setiap laman web yang kamu bookmark. Mulai dari memberikan Tags, penanda dalam bentuk tombol warna (mirip Finder di OS X) dan juga catatan teks jika kamu perlukan.

Nantinya fitur Tags dan penanda tombol warna tadi dapat kamu akses di sidebar Pins. Semuanya terletak rapi dan mudah diakses kapanpun – meskipun kamu memisahkan dalam bentuk folder misalkan.


Baca Juga:

Tertarik Mencoba?

Saya sendiri sudah mencoba Pins dan memanfaatkan nested folder dengan baik. Yaitu membuat folder MakeMac dengan isian folder lain seperti Review, How To, Tips lalu folder utama lain untuk data pribadi. Fitur Tags dan kolom pencari di bagian atas juga tampil sebagai bantuan yang memudahkan untuk kamu yang butuh akses cepat tanpa mencari lagi.

Segera unduh Pins di Mac App Store dari tautan di bawah ini ya.

Download Pins - The Bookmarks App ร‚ยท Harga: 149000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest