Follow Us

Cara Cepat Atur Ulang Tampilan Launchpad di OS X Yosemite

Bagus Hernawan - Rabu, 06 Mei 2015 | 13:50
Cara Cepat Atur Ulang Tampilan Launchpad di OS X Yosemite

Semenjak sistem operasi OS X Lion, Apple mengenalkan Launchpad yang mirip dengan homescreen perangkat iOS. Bahkan hingga OS X Yosemite kamu masih dapat mengaksesnya dengan gesture 5 jari ke arah dalam di atas trackpad perangkat MacBook Air misalnya.

Bagi kamu yang sering menginstal banyak aplikasi, pasti Launchpad kamu terlihat sangat penuh dan tidak cantik lagi. Atau mungkin kamu malah rajin menatanya dengan folder dan ingin kembali seperti semula? Tenang, ada cara instan kok untuk melakukan reset tampilan Launchpad di OS X Yosemite seperti awal. Berikut ini tipsnya dari OS X Daily:

  1. Pastikan kamu menggunakan OS X Yosemite untuk tutorial ini.
  2. Buka aplikasi Terminal dari folder Applications > Utilities > Terminal. Atau bisa juga dari Spotlight dengan mengetikkan namanya.
  3. Copy lalu paste perintah Terminal di bawah ini lalu tekan enter untuk menjalankannya.
    defaults write com.apple.dock ResetLaunchPad -bool true; killall Dock
  4. Tanda jika perintah kamu benar adalah Dock di desktop kamu akan menghilang selama beberapa saat. Tampilan Launchpad juga akan menunjukkan tulisan Loading Applications. Proses ini agak memakan waktu sekitar 1 menit jadi sabar saja yah.
  5. Jika sudah selesai dan Dock kembali tampil, coba masuk ke Launchpad kamu. Halaman pertamanya akan tampil dengan aplikasi bawaan dari OS X Yosemite saja. Sisanya akan ditampilkan pada halaman berikutnya dan sesuai abjad. Semua folder yang sudah kamu buat untuk menyembunyikan aplikasi di dalamnya juga tidak lagi tampil. Mudah dan cepat kan! 3


Baca Juga:

Tim MakeMac sudah mencoba tips ini dan sangat terbantu dalam merapikan Launchpad. Setelah melakukan reset tampilan Launchpad, saya rasa akses search bar di bagian atas juga menjadi lebih gegas dan dapat diandalkan.

Selamat mencoba yah!

[source site_name = “OS X Daily” site_url = “http://osxdaily.com/2015/05/05/reset-launchpad-layout-mac-os-x/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest