Follow Us

Kelola Fitur Auto Update Mac App Store di OS X Yosemite

Bagus Hernawan - Rabu, 20 Mei 2015 | 16:47
Kelola Fitur Auto Update Mac App Store di OS X Yosemite

Bagaimana cara menghilangkan notifikasi auto update dari App Store di OS X? Saya sering terganggu dan menghabiskan banyak bandwith nih karena diam-diam ada proses download pembaruan aplikasi.

Pernah mengalami hal ini juga? Jika iya, kamu sedang mebaca halaman yang tepat yaitu cara mengelola fitur auto update di OS X. Yuk langsung bahas!

Mengenal Fitur Update di Mac App Store

Sudah sejak beberapa generasi sebelumnya Apple mengenalkan Mac App Store sebagai toko aplikasi online miliknya dengan beragam aplikasi. Pengguna dapat membeli aplikasi atau games disini dan mengelolanya dalam satu akun Apple ID.

Nah nantinya jika ada pembaruan yang diberikan oleh sang pengembang, kamu juga dapat mengunduhnya lewat Mac App Store > Updates. Ternyata Apple juga memberikan kemudahan berupa fitur auto update yaitu mengunduh pembaruan ini di belakang layar dan kamu tinggal memberikan persetujuan untuk instal jika sudah selesai.

Menarik sih memang, karena kamu gak perlu repot membuka Mac App Store setiap saat. Namun bisa jadi merugikan jika kamu menggunakan internet dengan sistem quota atau kecepatan rendah hingga sedang.

Yuk Kelola Fitur Auto Update !

Oke, jadi gimana nih cara menggunakan fitur auto update dengan bijak? Mudah saja, tinggal masuk ke aplikasi System Preferences > App Store dari perangkat OS X Yosemite kamu. Antarmukanya mungkin sedikit berbeda yan jika kamu menggunakan OS X generasi sebelumnya.

Gambar di atas adalah menu pengaturan App Store yang dapat kamu intip juga di komputer Mac Kamu. Nah ada beberapa bagian check box yang dapat kamu matikan jika tidak diperlukan.

Sesuai namanya, Automatically check for updates berfungsi untuk mengecek pembaruan apa saja yang ada di akun kamu lewat Mac App Store. Di dalamnya ada beberapa sub-menu yang dapat kamu matikan jika tidak diperlukan seperti mode mengunduh pembaruan yang tersedia di balik layar, instal aplikasi atau pembaruan OS X serta instal pembaruan dokumen system atau security updates.

Saran saya sih nyalakan saja fitur Automatically check for updates, tapi untuk sub-menunya, silahkan aktifkan saja tanda centang pada bagian Instal system data files and security updates. Kenapa? Karena pembaruan keamanan dari Apple biasanya bersifat kruisial dan ukurannya sangatlah kecil – tidak akan membuat kamu kesulitan mengunduhnya.

Punya lebih dari sebuah komputer Mac yang menggunakan sebuah Apple ID? Nah kamu dapat menyalakan fitur auto download untuk setiap aplikasi yang dibeli pada komputer lain. Dengan begitu kamu gak perlu repot lagi mencari aplikasi yang sudah dibeli lewat iMac misal, ketika ingin kembali menggunakan MacBook Air.


Baca Juga:

Akhir Kata

Saya sendiri biasa mengawali penggunaan komputer di pagi hari dengan membuka tab Updates di Mac App Store – karena tidak menggunakan auto updates. Selain agar lebih paham apa saja fitur baru dari setiap aplikasi, langkah ini juga bisa menghemat koneksi data yang dikeluarkan. Kamu sendiri gimana?


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest