Follow Us

OS X 10.11 Fokuskan Kualitas & Fitur Keamanan “Rootless”

Bagus Hernawan - Senin, 25 Mei 2015 | 12:52
OS X 10.11 Fokuskan Kualitas & Fitur Keamanan “Rootless”

Semakin mendekati ajang WWDC 2015, beragam rumor mengenai OS X terbaru dari Apple terus bertambah. Jika kamu termasuk yang sudah mencicipi OS X dari semenjak 5 tahun lalu, kabar baik karena pembaruan ini kembali dengan gaya lama. Maksudnya adalah peningkatan kualitas yang lebih ditonjolkan dibandingkan penambahan fitur baru – seperti di era Snow Leopard.

Sumber berita 9To5Mac mendapatkan bocoran bahwa OS X 10.11 dengan code name ’’Gala" ini akan berfokus pada optimalisasi stabilitas, performa, tambahan fitur keamanan dan perubahan tools Swift.

…Apple will optimize the new operating systems for improved stability and performance, add several new security features, and make important changes to its Swift programming tools for developers…

Lantas apakah tidak ada hal baru? Tenang, tetap ada kok tapi tidak sebanyak di OS X Yosemite sebelumnya. Semua pembaruan kali ini datang untuk menyelaraskan dukungan dengan iOS 9 dan memberikan tampilan yang lebih produktif di komputer Mac. Salah satu isu paling kencang adalah penambahan mode Control Center di OS X terbaru nanti. Dari tampilannya sih mode ini akan hadir di sisi kiri layar kamu dan memiliki kendali singkat untuk beragam fitur – WiFi, iTunes, Handoff dan bergam hal lainnya.

“Rootles”, Sistem Keamanan Baru di OS X 10.11

Apple kabarnya sedang menyiapkan sistem keamanan baru di OS X 10.11 dan iOS 9 dengan istilah “Rootles”. Masih dari sumber berita yang sama, “Rootles” kabarnya dapat memberikan perlindungan terhadap malware, tambahan keamanan untuk Extensions dan akses yang berhubungan dengan data sensitif. Dengan begitu akses ke system files yang awalnya mudah diutak-atik, nantinya akan menjadi lebih tertutup demi keamanan. Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini, setuju dengan rencana peningkatan keamanan?


Baca Juga:


iCloud Drive & “Trusted Wi-Fi”

Akun cloud service milik Apple ini kabarnya akan semakin diandalkan di semua lini. Sebut saja aplikasi Notes, Reminders dan Calendar yang selama ini masih menggunakan sistem back end dari IMAP walaupun sudah menggunakan akun iCloud. Nantinya jika sudah secara penuh mendukung iCloud Drive, keamanan dalam proses sinkronisasi diklaim lebih cepat dan tentu saja aman.

Lanjut ke “Trusted Wi-Fi”, fitur baru ini berhubungan dengan akses jaringan nirkabel yang lebih aman. Secara sederhana dengan “Trusted Wi-Fi” pengguna dapat memperoleh keamanan data tambahan (enkripsi) tidak sedang terhubung ke jaringan yang dapat dipercaya – WiFi di sebuah ruang publik atau semacamnya. Sedangkan jika kamu terhubung ke jaringan yang dinyatakan dapat dipercaya, enkripsi tadi akan dihilangkan sehingga akses data dan kecepatan dapat lebih maksimal.

Sebagai pengguna OS X yang menikmati semua perubahan sejak OS X Leopard, saya sendiri gak sabar menunggu versi terbaru ini hadir. Bagaimana dengan kamu, penasaran juga atau punya pendapat lain? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/05/22/ios-9-os-x-10-11-to-bring-quality-focus-smaller-apps-rootless-security-legacy-iphoneipad-support/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest