Follow Us

Foxconn Dapatkan Izin Dirikan Pabrik Perakitan iPhone di India

Andri Alfansyah - Selasa, 26 Mei 2015 | 11:51
Foxconn Dapatkan Izin Dirikan Pabrik Perakitan iPhone di India

Foxconn dikabarkan bakal membuka pabrik-pabrik perakitan iPhone baru di India menyusul manufaktur besar rekanan Apple itu sudah mendapatkan izin pendirian pabrik baru dari pemerintah negara tersebut.

Seperti dilaporkan Cult of Mac, Foxconn bakal membuka pabrik perakitan iPhone barunya di sebelah utara kawasan padat penduduk yaitu di Maharashtra, Mumbai, India. Perwakilan pemerintah India yang pernah berkunjung ke pabrik Foxconn mengatakan bahwa negaranya saat ini tengah tumbuh pesat. Oleh karena itu, mereka mengajak pelaku bisnis dari Tiongkok, khususnya Foxconn untuk berinvestasi di negaranya.

“Our country is rapidly urbanizing, so our PM has unveiled his vision of making smart cities. India’s most urbanised state, Maharashtra has much to contribute to it and thus would welcome Chinese expertise and investment in this sector,” Fadnavis says.

Pemberian izin kepada Foxconn untuk mendirikan pabrik baru perakitan iPhone bukan tanpa alasan. Selain dianggap sebagai manufaktur yang paling menguntungkan di dunia, Foxconn juga diklaim pemerintah India manufaktur kepercayaan Apple sejak lama untuk merakit produk-produknya.

Sebelumnya, India menyatakan tidak akan memberikan izin kepada Apple untuk membuka toko ritelnya di sana sebelum mereka mendirikan pabrik perakitan produk-produknya di negara dengan populasi terbesar kedua di dunia tersebut.

India sendiri dikenal sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar kedua setelah Tiongkok. Tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan menyatakan minatnya untuk membuka Apple Store di sana.


Baca juga:


Kehadiran Foxconn di India diklaim tidak hanya akan sangat menguntungan untuk kedua belah pihak saja, tapi juga Apple. Selain populasi penduduknya sangat besar, India adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi sangat menjanjikan.

Foxconn sebelumnya juga dilaporkan akan membangun 3 pabrik barunya di Gujarat, Uttar Pradesh, dan Andhra Pradesh, India. Dua pabrik di antaranya disebutkan akan digunakan untuk merakit iPhone dan satu lagi untuk divis riset dan pengembangan. Mereka pun mendapuk mantan petinggi Nokia untuk mengawasi pengembangan pabrik-pabrik dan fasilitas kantornya di India.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/323839/foxconn-may-be-planning-new-iphone-building-factories-in-india/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest