Follow Us

WhatsMac, Chat via Akun WhatsApp di Komputer Mac

Bagus Hernawan - Rabu, 27 Mei 2015 | 17:38
WhatsMac, Chat via Akun WhatsApp di Komputer Mac

Apakah kamu aktif menggunakan WhatsApp? Dalam pembaruannya beberapa bulan lalu, WhatsApp akhirnya merilis fitur WhatsApp Web untuk mirroring aplikasinya dari ponsel ke peramban di komputer. Kabar baik untuk pengguna OS X, kini ada aplikasi dengan fitur tersebut dengan nama WhatsMac.

Aplikasi yang dapat kamu unduh di laman GitHub milik akun stonesam92 ini berfungsi untuk menghadirkan WhatsApp Web dalam sebuah aplikasi – tidak di perambang lagi. Apa saja kelebihan dan fitur yang dimiliki? Yuk cek reviewnya!

Pengalaman Mencoba WhatsMac

Oke, sebelum membahas lebih lanjut pastikan kamu paham bahwa WhatsMac yang memanfaatkan fitur WhatsApp Web ini tidak mendukung perangkat iOS. Bisa sih tapi harus melakukan Jailbreak terlebih dahulu – tidak dibahas dalam artikel ini.

Kembali ke WhatsMac, kamu bisa mengunduhnya di laman GitHub WhatsMac dan extract file .zip yang didapatkan. Pindahkan ke folder Applications lalu buka dengan klik 2x. Nah sekarang ambil ponsel kamu (Android atau Windows Phone) lalu lakukan proses scan QR code dari aplikasi WhatsMac ke perangkat ponsel tadi. Setelah selesai, kini kamu dapat melihat tampilan akun WhatsApp di aplikasi tersebut – ingat ponsel kamu harus terus terhubung di jaringan internet untuk proses mirroring ini.

Gambar di atas adalah tampilan utama WhatsMac, gak jauh berbeda dengan WhatsApp Web yang ada di peramban. Hal paling mencolok adalah akses menu bar serta beberapa pengaturan lainnya seperti shortcut untuk membuka jendela kirim pesan baru (cmd+n), mencari kontak (cmd+f) dan akses ke tab chat lain (cmd+1 sampai 9). Pengaturan lain yang bisa kamu peroleh adalah seputar notifikasi dan durasi mute jika kamu sedang tidak ingin diganggu.

Sebagai tambahan info, tombol kirim gambar di WhatsMac memang belum dapat digunakan. Namun jangan bingung, kamu tetap dapat menikmatinya dengan melakukan drag and drop sebuah foto dari desktop misalnya.


Baca Juga:

Berminat Mencoba?

WhatsMac menawarkan tampilan aplikasi dari fitur WhatsApp Web dan mendukung beberapa shortcut cepat bagi kamu yang hobi mencari segala sesuatu tanpa pointer mouse. Semoga sih perbaikan terus disusulkan oleh sang pengembang seperti mode merekam suara dan mengambil gambar atau hal lainnya.

DOWNLOAD WHATSMAC for OS X


Kisah Inspiratif Jan Koum, Pendiri WhatsApp


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest