Follow Us

Review IdeaPlaces: Mencatat Dengan Detail Lokasi & Foto di iPhone, iPad

Bagus Hernawan - Kamis, 04 Juni 2015 | 15:31
Review IdeaPlaces: Mencatat Dengan Detail Lokasi & Foto di iPhone, iPad

Hobi mencatat beragam kegiatan penting dengan tambahan data berupa foto dan detail lokasi? Coba gunakan IdeaPlaces dengan dukungan layanan Evernote dan Dropbox yang dapat mengumpulkan catatan kamu dengan mudah. Saya sudah mencobanya dan ingin berbagi review untuk pembaca setia MakeMac.

Pengalaman Mencoba IdeaPlaces

Apliksi gratisan dengan dukungan in-app purchase untuk perangkat iPhone dan iPad ini memiliki antarmuka dominasi hijau toska nan menarik. Di awal penggunaan, kamu harus memberikan akses ke akun Evernote sebagai tempat utama untuk menyimpan catatan kamu. Sedangkan dukungan Dropbox lebih kepada mengambil data foto – saya sendiri tidak mengaktifkanya.

Selesai dengan pemberian beberapa akses penting, saatnya masuk ke tampilan utama. Seperti yang saya bahas di awal, setiap catatan kamu akan disimpan dengan detail lokasi – karena itu tampilan utama IdeaPlaces adalah peta tempat kamu berada.

Akses tombol 3 garis horisontal di kanan atas untuk masuk ke pengaturan dan filterisasi catatan. Aktifkan mode Evernote dan Photo di bagian Layers lalu kembali lagi ke tampilan utama. Nah sekarang coba buat sebuah catatan dari foto yang sudah pernah kamu ambil di sekitar daerah tersebut.

Langkahnya sederhana saja, tekan ikon drop pin lalu pilih foto yang ingin kamu buat catatannya. Tampilan layar akan berubah seperti gambar di atas, pengguna tinggal tekan teks Save to IdeaPlaces. Nah sekarang kembali lagi ke mode peta, cek drop pin di daerah foto tadi, apakah ada warna baru? Ya, warna baru (hijau toska) adalah tanda untuk foto yang sudah terhubung ke IdeaPlaces.

Mulai Mencatat!

Oke, sekarang kita tekan lagi ikon drop pin warna hijau toska tadi lalu pilih Add note untuk mulai membuat catatan. Pengguna dapat menuliskan catatan dalam bentuk teks, menambahkan Tag, alarm pengingat, mengubah detail lokasi dan beragam hal dari bagian ini. Sudah selesai mencatat? Silahkan tekan ikon Save di kanan atas layar yah! Atau kamu juga dapat menekan ikon Share Extension di kanan atas pojok untuk membagikan catatan ke akun Facebook, Twitter atau lainnya.

Masih berhubungan dengan mencatat, pengguna dapat melakukan beberapa hal menarik di aplikasi ini. Seperti filterisasi catatan dan foto berdasarkan waktu, tempat atau beragam detail lainnya. Kamu juga bisa menggunakan IdeaPlaces sebagai reminder sebuah kegiatan berdasarkan foto atau catatan kok. Misalnya mengunjungi sebuah rumah yang sedang dijual pada suatu daerah (dengan detail peta yang kamu tahu) beserta tanggal yang sudah dijanjikan dengan mengatur hari dan jam bertemu.


Baca Juga:

Berminat Mencoba?

Saya sudah mencoba IdeaPlaces untuk beberapa catatan kecil dari foto yang ada di perangkat iOS. Hasilnya cukup seru sih, foto yang sudah lama saya simpan dapat diberi catatan dan masuk ke Evernote di komputer dengan mudah dan cepat. Untuk fitur reminder, filterisasi dan Tags rasanya masih perlu beberapa waktu lagi untuk membuat saya terbiasa.

IdeaPlaces tersedia gratis untuk iPhone dan iPad dengan batasan iOS 8. Pengguna juga dapat berlangganan versi Plus dan Business (via in-app purchases) dengan kelebihan seperti akses Maps Offline, Google Map dan beragam hal lainnya.

Download IdeaPlaces - Maps for Evernote, Dropbox, Photos ร‚ยท Harga: 75000


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest