Follow Us

Apple Kantongi Paten Earphone Multipengguna

Andri Alfansyah - Kamis, 04 Juni 2015 | 14:55
Apple Kantongi Paten Earphone Multipengguna

Apple baru saja mendapatkan hak paten atas teknologi earphone atau earpod dengan fitur multi-pengguna yang sangat pintar dari United States Patent and Trademark Office pada awal minggu ini.

Seperti dilansir Apple Insider, paten teknologi dengan nama “Earphones with Cable Orientation Sensors” dan kode nomor 9,049,508 itu menjelaskan tentang earphone atau earpod yang mampu mendeteksi pengguna yang lain. Sehingga, earphone tersebut akan menghantarkan lagu berbeda secara mono kepada dua orang pengguna yang mendengarkannya.

The earphones may have multi-user sensor structures that determine whether or not the earphones are being shared by multiple users. The multi-user sensor structures may include an angle sensor configured to measure an angle at the Y-junction of a cable associated with the pair of headphones.

Kemampuan pintar earphone tersebut dimungkinkan dengan adanya beberapa sensor berjenis kapasitif, piezo-electric force, dan kabel fiber optic goniometer yang Apple gunakan di dalamnya untuk mendeteksi kehadiran satu atau dua pengguna yang menggunakannya. Jika satu orang yang menggunakannya, maka earphone tersebut bakal membunyikan musik secara stereo. Sebaliknya earphone akan membunyikan musik secara mono apabila digunakan dua orang.

Untuk implementasinya, Apple akan membuat earphone dengan desain menyerupai huruf “Y” dan jarak antara pemisahnya diperlebar. Dengan desain tersebut, sensor-sensor dalam earphone tersebut bakal mendeteksi perubahan posisi atau sudut ketika dua orang menggunakannya.


Baca juga:


Earphone atau Earpod sudah lama menjadi aksesoris bawaan perangkat iOS. Namun saat ini peranti dengar besutan Apple itu memiliki fitur begitu-begitu saja. Dengan kehadiran paten tersebut, earphone atau earpod iPhone/iPod nantinya bakal semakin menarik saja dan tak ada yang mampu menyamai baik dari segi fitur, termasuk kualitas dan desainnya tentunya. Kendati demikian, tidak diketahui kapan Apple mengimplementasikannya walau mereka sudah memiliki patennya.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/15/06/02/apple-earphone-invention-detects-multiple-users-switches-audio-profiles-to-match”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest