Follow Us

Apple Mengenalkan OS X El Capitan Dengan Split View, Spotlight Cerdas dan Metal for Mac

Bagus Hernawan - Selasa, 09 Juni 2015 | 04:50
Apple Mengenalkan OS X El Capitan Dengan Split View, Spotlight Cerdas dan Metal for Mac

Salah satu topik presentasi  WWDC 2015 yang dihelat Apple tanggal 8 Juni 2015 adalah kehadiran sistem operasi Mac terbaru dengan nama OS X El Capitan. Beberapa fitur barunya cukup menarik dan wajib kamu tahu antara lain ada di peramban Safari, app Mail, Notes, Spotlight, Metal for Mac dan beberapa hal lainnya. Mari kita bahas satu-persatu yah!

Experience & Performance

Seperti bocoran beberapa waktu lalu, OS X terbaru ini berfokus pada 2 hal penting yaitu pengalaman pengguna yang lebih baik dan performa lebih cepat. Untuk Experience diisi dengan beberapa hal seputar pengalaman menggunakan OS X dengan lebih mudah dan cepat seperti pada aplikasi Safari, Notes, Spotlight dan Mail. Berikut ini ulasannya:

Split View, Mission Control & Kursor “Anti Sembunyi”

Yaitu mulai dari fitur Split View. Pengguna dapat menikmati antarmuka layar yang terbelah dua dan melihat 2 aplikasi secara bersamaan. Gak cuma itu, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas drag and drop di antara 2 aplikasi tadi seperti menyalin teks dari halaman presentasi ke aplikasi berkirim pesan iMessage. Pengguna juga tentunya tidak perlu kerepotan memperbesar jendela tampilan, karena kedua aplikasi ini berjalan dalam mode fullscreen dan mudah diganti dengan swipe gesture.

Fitur Mission Control juga mendapat sentuhan cantik di OS X yang mengambil nama dari salah satu nama puncak di taman nasional Yosemite ini. Yaitu mode organisir tampilan single layer dan mode multi desktop yang dapat memudahkan kamu memisahkan setiap pekerjaan.

Sering kehilangan kursor di layar iMac 5K kamu mungkin? Mudah saja, di OS X El Capitan ini kamu dapat menggeser-geser sentuhan jari di trackpad dan membuat kursor mouse membersar sehingga mudah ditemukan. Sederhana sih, tapi menarik sekali bukan?

Spotlight & Mail Mendukung Natural Language

Aplikasi pencari ekstra cerdas Spotlight kini punya 2 fitur utama yang membanggakan – mengubah posisi dan pencarian yang mendukung Natural Language. Pengguna dapat melakukan resize ukuran jendela tampilan Spotlight menjadi lebih luas untuk pandangan yang lebih lega atau menampilkannya di sudut atau posisi layar yang kamu mau.

Fitur pencarian berbasis Natural Language juga menurut saya sangat intuitif. Kamu bisa menggunakan kata sehari-hari sebagai keyword pencarian. Contohnya adalah mencari dokumen yang dikerjakan minggu lalu, mengecek email dari nama seorang teman yang belum kamu baca atau hal menarik lainnya. Sangat memanjakan pengguna dan tentunya bikin kamu gak sabaran untuk segera mencoba, setuju?

OS X El Capitan juga menghadirkan fitur pencarian dengan Natural Languange ini di aplikasi Mail. Sedangkan untuk fitur lainnya, Mail kini mendukung mode menulis pesan baru dengan tampilan tab, swipe gesture yang lebih lengkap, integrasi dengan kalender dan beragam hal seru lainnya.

Notes Mendukung List & Attachments

Aplikasi pencatat Notes yang ada di iOS 9 dan OS X El Capitan punya beragam fitur baru yang sangat menarik untuk kamu simak. Pertama, tampilan baru yang lebih segar – mirip app Photos sih menurut saya.

Lanjut ke fitur editing, kini pengguna dapat mengakses beberapa tombol di bagian atas untuk membuat list, mengedit ukuran teks, membuat catatan baru atau melampirkan gambar. Tambahan fitur yang gak kalah menarik adalah mode Attachments untuk melihar setiap lampiran data yang sudah kamu buat di app Notes. Mulai dari file multimedia berupa foto dan video, Skethes (dari Notes di iOS 9), Map Location, Audio atau beragam hal lainnya.

Safari Semakin Rapi!

Peramban Safari di OS X El Capitan semakin rapi dan tampiln minimalis dibandingkan OS X sebelumnya. Kini pengguna yang hobi berselancar di dunia maya ke beberapa website favorit dapat menikmati fitur Pinned Sites dengan mudah dan cepat. Setiap halaman webstie tadi akan tampil di sisi kiri tampilan dengan ikon kecil dan manis untuk dapat kamu akses dengan mudah dan cepat kapan saja.

Masih di seputar tampilan dan kenyamanan pengguna, Safari terbaru juga mendukung mode senyap (mute) jendela peramban yang dapat diakses lewat kolom address bar. Pengguna dapat mencari tampilan mana yang mengeluarkan suara dan ingin dimatikan dengan cepat atau malah langsung mematikan semua akses suara di jendela Safari tersebut.

Editor : Bagus Hernawan

Latest