Follow Us

Apple Umumkan iOS 9 dengan Fitur Multitasking, News, Siri, dan Maps Baru

Andri Alfansyah - Selasa, 09 Juni 2015 | 06:32
Apple Umumkan iOS 9 dengan Fitur Multitasking, News, Siri, dan Maps Baru

Apple akhirnya mengumumkan sistem operasi mobile iOS 9 terbarunya dengan empat sektor peningkatan, yaitu aplikasi baru, Multitasking, Intelligence, dan Foundation dalam keynote di ajang WWDC yang digelar tengah malam tadi.

iOS 9 is full of enhancements you’ll appreciate every day. Your apps become more essential. New multitasking features on iPad make you even more productive. Siri can do more than ever, and new proactive suggestions help you get things done before you ask. And improvements at the foundation of the operating system enhance performance, battery life, and security. The more you do with iOS 9, the more you’ll wonder how you ever did without it.

Aplikasi

Sesuai dengan janjinya untuk fokus pada perbaikan, stabilitas, peningkatan performa, dan keamanan, Apple tak menghadirkan perombakan desain besar-besaran dalam iOS 9, namun mereka menghadirkan satu aplikasi baru dan aplikasi lama dengan fitur dan wajah baru. Adapun aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup News, Notes, Maps, Wallet, dan CarPlay.

News adalah aplikasi baru pengganti Newsstand yang Apple hadirkan di iOS 9. Dari namanya, News merupakan aplikasi agregasi pembaca berita dengan tampilan desain yang sangat menarik dan interaktif. Dengan News, kamu bisa menghimpun sumber berita favorit dalam satu aplikasi berdasarkan topik yang kamu sukai. Sayangnya untuk peluncuran perdananya, aplikasi News ini akan tersedia di 3 negara saja, yaitu AS, Australia, dan Inggris.

Selanjutnya aplikasi yang mendapatkan pembaruan tampilan desain dan fitur adalah aplikasi Notes. Notes di iOS 9 kini hadir dengan fitur yang sangat lengkap, seperti checklist, sketch, dan dukungan sinkronisasi antar perangkat iOS via iCloud. Dengan aplikasi Notes baru, kamu tidak hanya bisa mencatat saja, tapi juga mengambil dan menambahkan foto, peta, alamat situs, dan melakukan coretan gambar atau ide.

Maps di iOS 9 juga hadir dengan fitur baru bernama Transit di mana ia akan menuntun kamu untuk menggunakan transportasi umum dengan menunjukkan jalur atau rute perjalan di beberapa kota tertentu di dunia. Selain itu, Maps baru ini juga dilengkapi dengan fitur Nearby di mana kamu bisa melihat tempat yang ada di sekitar, seperti restoran, toko, dan lainnya.

Ingat dengan aplikasi Passbook buat menyimpan informasi kartu kredit? Nah di iOS 9, Apple sudah mengganti namanya dengan nama baru, yaitu Wallet. Tidak hanya nama saja, ikon aplikasinya juga tampil baru. Fungsi dan fiturnya masih tetap sama seperti Passbook untuk bisa kamu gunakan membayar barang via Apple Pay.

Terakhir aplikasi yang mendapatkan pemutakhiran adalah sistem CarPlay. Di iOS 9, kamu kini bisa menggunakan CarPlay tanpa mengkoneksikan iPhone milikmu dengan kabel Lightning, tapi secara nirkabel jika mobil kamu mendukungnya. Fitur-fitur lain dalam CarPlay adalah memutar pesan audio, bisa dengan knop mobil, mendukung aplikasi bawaan pabrikan mobil.

Fitur Multitasking

Untuk pertama kalinya di iOS 9, Apple memperkenalkan fitur multitasking khusus buat perangkat iPad. Dengan fitur ini, kamu bisa menggunakan dua aplikasi aktif sekaligus di satu layar dengan mudah tanpa meninggalkan aplikasi yang telah kamu buka sebelumnya. Menariknya, fitur Multitasking ini mendukung Split View khusus iPad Air 2 dan fitur Picture in Picture di mana kamu menonton video sambil membalas email.

Siri

Siri di iOS 9 hadir dengan desain baru ala Apple Watch dan fitur pencarian yang lebih pintar. Ketika kamu mencari sesuatu dengannya, Siri akan langsung menampilkan informasi terkait di layar dengan cepat. Siri bahkan mengerti kebiasaan kamu dalam mendengarkan musik. Ketika kamu memasukkan earpod, Siri akan langsung menampilkan lagu untuk diputar.

Kamu juga bisa meminta Siri untuk mencarikan foto atau video berdasarkan tanggal, lokasi, dan nama album. Selain itu ketika membaca email, pesan, atau catatan namun ingin membacanya nanti, kamu bisa meminta Siri membuat pengingatnya.

Siri di iOS 9 juga dilengkapi fitur Proactive yaitu fitur pencarian Spotlight yang lebih pintar pesaing Google Now yang akan menampilkan informasi berdasarkan kebiasaan kamu. Fitur pencarian baru ini terletak di bagian kiri layar tak lagi berada di bagian atas ketika kamu menarik layar di tengah. Apple melengkapinya dengan beragam widget seperti kontak, kalendar, dan lainnya.

Editor : Andri Alfansyah

Latest