Follow Us

Kupas Tuntas Multitasking iPad di iOS 9

Bagus Hernawan - Selasa, 09 Juni 2015 | 12:25
Kupas Tuntas Multitasking iPad di iOS 9

Salah satu bahasan di WWDC 2015 semalam yang cukup menyita banyak perhatian adalah fitur Multitasking yang akan hadir di perangkat iPad dengan iOS 9. Apple sendiri cuma membahas fitur ini sedikit, padahal ada 3 sub-fitur Multitasking yang nantinya dapat dinikmati pengguna. Ini dia bahasan lengkapnya:

3 Jenis Multitasking iPad di iOS 9

Oke mari kita samakan persepsi dulu. Fitur utamanya menggunakan nama Multitasking – melihat 2 aplikasi dalam satu tampilan layar untuk membantu kamu lebih produktif kapanpun ketika dibutuhkan. Nah sub-fiturnya ada 3 yaitu Slide Over, Split View dan Picture in Picture. Langsung kita bahas aja yuk!

Slide Over – Intip Saat Dibutuhkan

Kasus penggunaan paling mudah adalah mengirim pesan tweet atau iMessage ke teman kamu ketika sedang asik membuka peramban Safari. Tinggal swipe dari tepi kanan layar ke arah tengah untuk memunculkan mode mencari aplikasi lain.

Setelah ditemukan, silahkan akses aplikasi tersebut dalam tampilan jendela 1/3 layar utama kamu. Mode input dari keyboard dan gesture dapat kamu lakukan di bagian ini. Nantinya jika sudah selesai kamu dapat mNelakukan swipe gesture berlawanan arah untuk menutup aplikasi tadi. Menurut saya Slide Over berjalan tidak sepenuhnya multitasking – hanya menampilkan 2 jendela aplikasi dan mengaktifkannya bergantian. Terbukti ketika kamu mengakses salah satunya, jendela lainnya berwarna lebih gelap seperti sedang di belakang layar.

Split View – 2 Aplikasi Jalan Bersamaan

Fitur Split View akan menampilkan 2 aplikasi kamu secara adil (bagi 2 layar sama rata) dan keduanya berjalan secata simultan. Pengguna dapat menggambar sketsa sambil melihat foto aslinya di sisi sebelah layar, merangkum isi buku dari iBooks ke aplikasi mengetik atau beragam hal lainnya.

Untuk menggunakan mode ini juga tidak sulit, sama dengan Slide Over tapi kamu harus menarik lebih jauh lagi ke arah tengah layar. Dalam demonya semalam, iPad Air 2 yang digunakan dapat menerima gesture bersamaan di 2 sisi aplikasi tersebut.

Picture in Picture

Lagi asik nonton film di Youtube atau Facetime lalu tiba-tiba ada email yang masuk? Tenang, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk tetap menampilkan video sembari membalas email tetap dengan mudah. Tinggal tekan tombol home untuk masuk ke Homescreen dan melihat video kamu berubah menjadi ukuran mini di tepian layar. Setelah itu buka aplikasi kedua yang ingin kamu tampilkan di belakang layar. Jika sudah berhasil tampilan akan seperti gambar di atas – tentunya dengan jendela transparan untuk video yang mendukung mode resize ekstra mudah.

iPad Apa Saja yang Mendukung?

Menurut berbagai sumber yang tim MakeMac kumpulkan, dari ketiganya Split View adalah fitur yang paling berat. Itulah kenapa Split View hanya dapat digunakan pada iPad Air 2. Sedangkan untuk Slide Over serta Picture and Picture mendukung perangkat iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Air dan iPad Air 2.

Selain perangkat yang mendukung, pengembang dari aplikasi favorit kamu juga harus mengadaptasi fitur ini dengan mengusung API baru yang disediakan oleh Apple. Saya yakin untuk bagian ini para pengembang sedang berlomba-lomba untuk menyiapkannya. .

Tertarik Mencoba Multitasking di iPad?

Saya sendiri penasaran dengan Split View dan performa yang dapat dijalankan oleh perangkat iPad Air 2. Contoh kegiatan sehari-hari yang dapat saya lakukan adalah membaca buku sambil menulis rangkumannya atau melakukan review aplikasi dan game sambil langsung berdiskusi dengan tim MakeMac lain di aplikasi messenger. Bagaimana dengan kamu?


Apple Umumkan iOS 9 dengan Fitur Multitasking, News, Siri, dan Maps Baru

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/06/08/side-by-side-ipad-apps-gallery/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest