Follow Us

Ini Kualitas Streaming Apple Music Dibanding Layanan Sejenis

Andri Alfansyah - Rabu, 10 Juni 2015 | 11:30
Ini Kualitas Streaming Apple Music Dibanding Layanan Sejenis

Apple ternyata tak memiliki banyak waktu untuk membeberkan semua fitur layanan musik streaming Apple Music barunya di event WWDC yang berlangsung selama 2 jam lebih dan dihadiri ribuan pengembang Senin malam lalu. Tentunya banyak dari kamu bertanya-tanya mengenai kualitas streaming musiknya dibanding musik dari layanan para pesaing.

Menurut kabar dari Slashgear, Apple Music memiliki kualitas musik streamingnya yaitu dengan bitrate 265kbps berada di bawah layanan-layanan sejenis dari Spotify, Tidal, maupun dari Beats Music. Kualitas musik ini pun sama seperti yang dialirkan oleh iTunes Match maupun itunes Store.

Apple Music will be at 256 kbps. In comparison, Beats Music uses a 320 kbps bitrate, as does Spotify, while Tidal offers a high-bitrate option.

Sementara itu, tidak ketahui jenis codec apa yang Apple gunakan dalam Apple Music terbarunya. Namun menelisik codec yang ada di iTunes, Apple diketahui menggunakan codec AAC 256kbps yang diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dari MP3. Jadi kualitas bitrate 256kbps yang mampu dialirkan Apple Music bisa disetarakan dengan kualitas MP3 dengan bitrate 320kbps yang ditawarkan layanan sejenis dari pesaingnya.


Baca juga:


Sebagai perbandinganya, layanan musik streaming Spotify menawarkan beragam bitrate mulai 96kbps-320kbps dengan codec Vorbis. Sedangkan Tidal milik Jay Z menawarkan musik dengan bitrate 320kbps untuk $10 per bulan dan $20 per bulan codec HiFi Lossless.

Apple Music sendiri menawarkan biaya langganan yang cukup murah yakni sebesar $9,99 dan $14,99 buat 6 orang anggota keluarga. Menariknya dalam peluncuran perdananya nanti pada tanggal 30 Juni di iOS 8.4, kamu bisa menikmati Apple Music dengan jutaan lagu secara cuma-cuma alias gratis selama 3 bulan.

[source site_name = “Slashgear” site_url = “http://www.slashgear.com/apple-music-first-look-spotify-threat-but-questions-linger-09387430/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest