Follow Us

Kata Phil Schiller Soal Apple Masih Bikin iPhone 16GB

Andri Alfansyah - Kamis, 11 Juni 2015 | 09:34
Kata Phil Schiller Soal Apple Masih Bikin iPhone 16GB

Storage dengan ruang sebesar 16GB dalam perangkat iPhone model low-end saat ini jelas sudah tidak cukup untuk menampung banyak data dan harus mulai ditingkatkan Apple. Namun sayangnya Apple tampaknya masih akan setia menggunakan storage kecil

Sebagaimana dilansir The Verge, SVP of Worldwide Marketing Phil Schiller, yang diwawancarai John Gruber dari Daring Fireball dalam siaran langsung podcast The Talk Show, berargumen bahwa para pengguna perangkat iOS dengan storage 16GB bisa memanfaatkan layanan iCloud buat menyimpan datanya untuk meringankan beban banyak data.

“The belief is more and more as we use iCloud services for documents and our photos and videos and music,” he said, “that perhaps the most price-conscious customers are able to live in an environment where they don’t need gobs of local storage because these services are lightening the load.”

Phil Schiller lebih lanjut mengatakan bahwa penghematan biaya dalam pembuatan storage kecil menjadi alasan lain mengapa Apple masih akan menyematkannya dalam perangkat iOS. Penghematan biaya itu bisa digunakan untuk meningkatkan fitur-fitur lain, macam kamera dan lainnya, tukasnya.

Ketika ditanya mengenai isu daya hidup baterai versus produk berdesain ultratipis, Phil Schiller mengatakan ukuran baterai yang besar malah membuat sebuah perangkat menjadi lebih tebal, lebih berat, lebih mahal, dan lama diisi. Tapi Apple dikatakannya telah mengambil pilihan yang tepat dalam merancang produk dengan baterai yang seimbang sesuai ukurannya.

“If you want a product that’s thicker with a bigger battery it’s also heavier, more costly, takes longer to charge,” he said. “We model every thickness, every size, every weight and try to figure out what the tradeoffs are. I think we’ve made great choices there.”

Terakhir John Gruber bertanya soal MacBook 12 inci baru yang memiliki desain tipis dengan satu lubang koneksi jenis USB-C. Phil Schiller menyatakan bahwa Apple perlu melompat jauh ke masa depan dengan menciptakan produk yang mana pengguna tidak lagi harus mencolokan banyak hal ke dalamnya. Apple harus berani mengambil resiko dan agresif, seperti yang diinginkannya.


Baca juga:


Storage 16GB di perangkat Apple di era aplikasi dengan ukuran bergiga-giga seperti sekarang tampaknya masih akan menjadi perdebatan panas di kalangan pengguna. Sementara sebagian pengguna merasa cukup dengan storage 16GB karena iCloud membantu, sebagian lain merasa iCloud cukup terbatas dalam beberapa situasi. Contohnya adalah iCloud bukanlah merupakan pengganti file lokal sepenuhnya dan update iOS 8 saja membutuhkan ruang hampir 5GB menjadi isu banyak dikeluhkan pengguna.

Apple ternyata memiliki alasan tersendiri mengapa mereka belum mau meninggalkan storage 16GB di perangkat iPhone. Selain ada iCloud yang bisa meringankan beban penyimpanan data, Apple tentunya ingin banyak orang membayar ratusan dollar lebih banyak untuk perangkat dengan storage lebih besar.

Transkrip hasil wawancara lengkap John Gruber dan Phil Schiller ini sendiri belum dirilis. Namun diharapkan Daring Fireball akan menyediakan secepatnya. Jadi kita tunggu saja.

[source site_name = “The Verge” site_url = “http://www.theverge.com/2015/6/9/8755511/phil-schiller-john-gruber-interview”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest