Follow Us

Pengembangan Safari Extensions di OS X Wajib Masuk Program Apple Developer

Bagus Hernawan - Kamis, 11 Juni 2015 | 15:42
Pengembangan Safari Extensions di OS X Wajib Masuk Program Apple Developer

Sehari usai ajang Keynote WWDC 2015, Apple mengumumkan program Apple Developer menjadi satu – iOS, OS X dan watchOS. Nah ternyata beritanya gak berhenti disini saja, karena hal serupa juga berlaku untuk pengembang Safari Extensions di OS X El Capitan.

Ya, kini para pengembang yang senang membuat aplikasi berbasis Safari Extensions harus tergabung sebagai Apple Developer agar karyanya dapat dirilis dan masuk daftar Safari Extensions Gallery.

Build and submit your extensions to the Safari Extensions Gallery for OS X El Capitan coming this fall. Your extensions will be hosted by Apple, and your users will get updates automatically.

Banyak pengembang yang kecewa dengan aturan ini, mengingat sebelumnya mereka dapat mendistribusikan secara gratis – baik masuk ke halaman tadi atau secara bebas di website atau forum misalkan. Apalagi Safari Extensions biasanya dihadirkan secara gratis, jadi wajar saja bila para pengembang mengeluh jika harus merogoh $99 per tahun untuk terdaftar di Apple Developer.

Namun saya sebagai pengguna, memandang hal ini sebagai keuntungan dari Apple terhadap para penikmat OS X. Pertama, kamu dapat lebih mudah mencari daftar Safari Extensions yang sudah mendapatkan review dari Apple dan layak untuk digunakan publik.


Baca Juga:

Kedua, karena ada di Safari Extension Gallery pastinya daftar aplikasi tadi aman dari jebakan malware atau sesuatu yang dapat membuat kamu bermasalah dengan memanfaatkan mode extension – unduh dokumen tidak dikenal melalui sistem di belakang layar misalkan.

Masih penasaran dengan program Safari Extensions? Silahkan akses laman penjelasan dari Apple dengan detail informasi di dalamnya seputar kelebihnanya, panduan membuat Safari Extensions yang layak serta beragam hal lainnya.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/06/10/new-safari-extensions-gallery-fee/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest