Follow Us

Apple Siapkan Fitur Screen Recording Canggih di iOS 9

Bagus Hernawan - Jumat, 12 Juni 2015 | 13:07
Apple Siapkan Fitur Screen Recording Canggih di iOS 9

Pastinya kamu tahu, seminggu ini para pengembang yang hadir di pekan WWDC 2015 sedang mendapatkan banyak “kuliah” dari Apple mengenai fitur baru di iOS 9. Dari hasil pantauan tim MakeMac, salah satu yang menarik adalah ReplayKit. Fitur ini dapat membuat para pengembang game menambahkan mode merekam layar (screen recording iOS) tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga atau bantuan perangkat OS X.

ReplayKit provides an easy-to-use framework that lets players record their gameplay — amazing plays, great victories, or solutions to tough challenges — and share video with other players and viewers online.

Dalam sesi presentasi ReplayKit, Apple menjelaskan bahwa fitur yang dibuat sebagai bundle framework ini punya 2 mode seputar perekaman layar. Pertama merekam video yang tampil di layar saja dan kedua menambahkan input suara dari mikrofon – cocok untuk kamu yang suka membuat video review sambil memberikan komentar.

Hal menarik dari fitur ini adalah kemampuan untuk membuat screen recording kamu sempurna – tanpa gangguan. Ya, pengguna dapat menikmati mode ini tanpa terganggu oleh notifikasi dari aplikasi lain tanpa perlu mengubah pengaturan apapun di iPad atau iPhone. Menarik kan!

Nah selesai merekam video, pengguna dapat melihat hasilnya di Camera Roll perangkat iOS 9. Fitur editing sederhana juga tentunya dapat kamu nikmati seperti memotong bagian awal atau akhir yang tidak dibutuhkan. Gak cuma itu, pengembang aplikasi juga dapat menambahkan mode Share Extensions langsung di aplikasinya, sehingga kamu dapat membagikan video tadi ke beragam sosial media, Facebook misalnya.


Baca Juga:

Berminat Mencoba di iOS 9?

Saya sih sudah lama menunggu fitur ini hadir di perangkat iOS. Selama ini jika ingin membuat video screen recording, kamu harus menggunakan bantuan QuickTime X di OS X Yosemite atau tweak Jailbreak. Nah dengan kehadiran ReplayKit di iOS 9 hobi merekam video untuk membuat tutorial atau berbagi pengalaman bermain game pastinya akan lebih mudah dan menyenangkan!

Bagaimana dengan kamu, ingin segera mencoba fitur ini juga? Bagikan di kolom komentar ya!


Cara Membuat Screen Capture Video iPhone, iPad Lewat OS X Yosemite

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/videos/wwdc/2015/?id=605”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest