Follow Us

Apple Siap Penuhi Peraturan Pemerintah Indonesia Soal TKDN

Andri Alfansyah - Kamis, 18 Juni 2015 | 14:39
Apple Siap Penuhi Peraturan Pemerintah Indonesia Soal TKDN

Menyusul kebijakan pemerintah Indonesia untuk memberlakukan peraturan minimal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bagi vendor-vendor ponsel global, Apple akhirnya menyatakan upayanya untuk mendukung peraturan tersebut.

Hal itu disampaikan Vice President Pacific Operation Apple Inc. Patrick Murphy dalam kunjungannya awal minggu ini ke Indonesia untuk bertemu dengan Menteri Perindustrian Saleh Husin, seperti dilansir dalam laman Kemenperin.

Patrick Murphy yang bertemu Menteri Perindustrian pada Selasa lalu meminta kejelasan menyangkut peraturan TKDN tersebut, sebagaimana diakui Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan.

“Mereka [Apple Inc.] menanyakan bagaimana cara untuk mencapai lokal konten ini. Mereka belum memiliki rencana lanjut, tetapi berupaya untuk memenuhi ketentuan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (16/6).

Sebelumnya, izin Apple untuk menjual iPhone di Tanah Air terancam dicabut dengan adanya peraturan TKDN tersebut. Dengan kesiapannya untuk mendukung peraturan itu, Apple bisa jadi akan merakit iPhone di Indonesia. Kendati begitu, tidak ada informasi rencana Apple bakal membangun pabrik perakitan produk-produknya di sini walau pembicaraan lanjutan pemerintah dengan Apple masih akan tetap ada.

Bagi Apple, Indonesia adalah salah satu pasar potensialnya. Dengan jumlah populasi mencapai lebih dari 250 juta orang, Indonesia jelas tidak bisa dipandang sebelah mata atau ditinggalkan begitu saja. Supaya eksistensinya di sini tetap terjaga, Apple mau tak mau harus mematuhi persyaratan atau aturan yang ada.


Baca juga:


Peraturan TKDN sendiri saat ini masih dalam tahap penggodokan oleh tiga Kementerian yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Kementerian Perdagangan. Pemerintah rencananya bakal memberlakukan peraturan TKDN sebesar 30 persen untuk ponsel-ponsel atau perangkat dengan teknologi 4G LTE yang dijual di Indonesia pada tahun 2017 mendatang.

[source site_name = “Kemenperin” site_url = “http://www.kemenperin.go.id/artikel/12369”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest