Follow Us

Tim Cook: Desain Produk Apple Didasarkan pada Selera Warga Tiongkok

Andri Alfansyah - Selasa, 23 Juni 2015 | 13:12
Tim Cook: Desain Produk Apple Didasarkan pada Selera Warga Tiongkok

CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa ketika Apple merancang produk-produk barunya, yang pertama terlintas dalam benaknya adalah produk-produk tersebut dapat diterima dan sesuai dengan selera warga Tiongkok, sebagaimana dikutip Bloomberg dalam suatu wawancara berbahasa Mandarin.

Lebih lanjut, Tim Cook menjelaskan bahwa Apple dalam merancang produk-produknya sangat mempertimbangkan detil palet warna yang disukai warga Tiongkok. Sebagai contohnya adalah hadirnya iPhone dengan balutan warna emas yang sangat populer di kalangan mereka.

The decision to offer a gold iPhone last year reflects in part the popularity of that color among Chinese users, he added. Greater China, which includes Taiwan and Hong Kong, is now Apple’s second-largest market and has become a battleground for the company as it vies with Samsung Electronics Co. and Xiaomi Corp. for smartphone supremacy.

Warna emas sendiri sebelumnya telah lama hadir sejak iPhone 5s diluncurkan pada 2013 silam. iPhone 5s dengan balutan warna emas dilaporkan lebih diminati warga Tiongkok ketimbang iPhone dengan balutan warna lainnya, yaitu Silver dan Space Grey.

Kesuksesan Apple di Tiongkok dalam menghadirkan produk dengan balutan warna emas terus berlanjut dengan meluncukan Apple Watch Edition dengan lapisan emas 18 karat. Di negeri dengan jumlah penutur bahasa Mandarin terbesar di dunia itu, Apple Watch Edition ludes terjual bak kacang goreng dalam satu jam pertama peluncuran perdananya meski mereka tidak mengungkap jumlah penjualannya.

Developers are working on more than 3,500 apps for the gadgets, he said. That’s well ahead of the 500 apps available for the 2008 edition of the iPhone and the 1,000 for the first iPad in 2010, he added.


Baca juga:


Tiongkok adalah salah satu negara terpenting bagi Apple karena merupakan pasar terbesar ketiga yang menyumbang keuntungan besar setelah AS dan Jepang, yaitu tercatat sebesar 29 persen selama kuartal pertama 2015 lalu. Bahkan dalam periode yang sama, jumlah unduhan aplikasi di daratan Tiongkok berhasil melampaui AS.

Antusiasnya para pengguna di Tiongkok terhadap produk-produk Apple ditandai dengan berhasilnya Apple menjadi vendor smartphone nomor satu dan mengalahkan Xiaomi yang berasal dari daratan Tiongkok.

Tim Cook belum lama ini melakukan lawatan ke Tiongkok untuk bertemu dengan pemerintah Tiongkok untuk mendiskusikan soal kerjasamanya dalam bidang ilmu dan pendidikan. Dalam kesempatan lawatan yang sama, Tim Cook membuat akun jejaring Weibo, Twitternya warga Tiongkok, sebagai media di mana ia bisa terkoneksi langsung dengan pengguna di sana.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/articles/2015-06-22/cook-says-chinese-tastes-considered-in-apple-product-designs”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest