Follow Us

Update iOS 9 Beta 2: Hapus Aplikasi Sementara untuk OTA Update

Bagus Hernawan - Rabu, 24 Juni 2015 | 10:08
Update iOS 9 Beta 2: Hapus Aplikasi Sementara untuk OTA Update

Tepat seperti prediksi yang saya tulis kemarin, hari ini Apple resmi merilis pembaruan iOS 9 beta kedua bagi pengembang terdaftar. Menurut laman MacRumors, ada fitur baru yaitu kemampuan menghapus beberapa aplikasi untuk memudahkan proses OTA update. Nantinya jika proses update telah selesai, iOS 9 akan secara otomatis mengunduh dan instal lagi aplikasi tersebut.

When attempting to install iOS 9 on a device with insufficient space, there’s a popup that offers to temporarily delete some apps in order to make room for the update. Apps that are deleted are then reinstalled and replaced after the operating system update is completed.

Fitur ini adalah salah satu jawaban dari janji Apple untuk membuat iOS 9 lebih ramah kepada perangkat iPhone 16GB atau 8GB. Nantinya pengguna dapat lebih mudah melakukan OTA update tanpa perlu kerepotan menghapus aplikasi secara manual dan mengembalikannya lagi.

Sayangnya tidak ada catatan lebih detail mengenai jenis aplikasi yang menjadi prioritas untuk dihapus atau semacamnya. Akan lebih baik jika yang masuk dalam urutan pertama adalah stock app (aplikasi bawaan) yang tidak berhubungan dengan data. Atau aplikasi pihak ketiga yang berukuran ekstra besar dan punya fitur simpan dokumen di iCloud.

Beragam Pembaruan Lain di iOS 9 Beta 2

Masih dari MacRumors, selain fitur di atas ternyata ada juga beberapa penyempurnaan di iOS 9.2 beta 2. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Aplikasi Podcasts tampil dengan ikon baru yaitu 2 garis melingkar lebih tebal di atas. Kabarnya antarmuka di aplikasinya juga mendapatkan beberapa penyesuaian, seperti tombol Download yang berubah posisi.
  • Fitur Handoff dapat kembali dipantau lewat bagian App Switcher. Pengguna yang menghubungkan perangkat iOS atau OS X akan melihat tampilan jendela aplikasi yang mendukung Handoff dengan mudah di bagian ini.
  • Sudah menggunakan Apple Watch? Nah aplikasi app Apple Watch di iOS 9 beta 2 tampil dengan nama yang lebih singkat – Watch. Sederhana dan tentunya gak bikin bingung ketika harus menjelaskan pada pengguna baru, setuju? 
  • Fitur pencarian juga tampak lebih detail sekarang. Yaitu dari Settings > General > Search. Pengguna dapat mematikan beberapa aplikasi yang tidak ingin turut serta dalam indexing pencarian.
Baca Juga:

Masih ada beberapa detail hal menarik lainnya di iOS 9 beta. Seperti Safari Content Blocker, perbaikan pada fitur Keyboard di iPad dan beragam hal lainnya. Silahkan akses langsung MacRumors untuk melihat detail informasinya.

Bagi kamu yang terdaftar sebagai pengembang dan berminat mencoba pembaruan ini, silahkan unduh dari Apple Developer. Atau bisa juga lewat OTA Update jika telah menggunakan iOS 9 Beta versi pertama. Jangan lupa, bagikan pengalaman kamu menggunakan versi iOS ini di kolom komentar ya.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/06/23/ios-9-beta-2-tidbits/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest