Follow Us

Apple Menghapus Banyak Game dengan Tema Sejarah Perang Saudara

Bagus Hernawan - Jumat, 26 Juni 2015 | 12:57
Apple Menghapus Banyak Game dengan Tema Sejarah Perang Saudara

Bagi kamu yang mempelajari sejarah Amerika Serikat, pasti kenal dengan banyak catatan sejarah mengenai perang Konfederasi (biasa dikenal perang saudara). Nah game dengan tema tersebut sudah cukup lama tersedia di App Store dan baru-baru ini Apple memutuskan untuk menghapusnya. Menurut laman [MacRumors][4], para pengembang aplikasi ini melanggar peraturan App Store Review Guidliness mengenai kekejaman dan tindakan ofensif terhadap suatu kultur atau kepercayaan.

Apps containing references or commentary about a religious, cultural or ethnic group that are defamatory, offensive, mean-spirited or likely to expose the targeted group to harm or violence will be rejected.

Akibat hal ini, ada belasan game yang dihapus dan belum ada kabar kapan akan dirilis ulang. Hal ini cukup mengejutkan, karena beberapa game atau aplikasi edukasi tersebut sebetulnya ingin menampilkan sejarah Amerika Serikat dalam bentuk edukasi di sekolah.


Baca Juga:

Namun akhirnya Apple mengomentari kebijakannya ini melalui laman Buzzfeed sebagai sumber berita. Apple memang menghapus beberapa game yang menampilkan informasi perang saudara sebagai bentuk kekerasan dan ofensif. Namun untuk kategori aplikasi edukasi atau visual story dengan tema tersebut tetap diperbolehkan ada di App Store – sebagai pembelajaran.

We have removed apps from the App Store that use the Confederate flag in offensive or mean-spirited ways, which is in violation of our guidelines,” an Apple spokesperson told BuzzFeed News. “We are not removing apps that display the Confederate flag for educational or historical uses.”

Sedikit mundur ke belakang, Apple juga sempat membuat beberapa pengembang game action kalang kabut. Yaitu dengan menghapus beberapa game yang menampilkan screenshot atau ikon aplikasi yang memegang senjata dan mengarah pada aksi kekerasan. Simak berita lengkapnya di artikel gambar promosi games di App Store ya!

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2015/06/25/apple-removes-civil-war-games-confederate-flag/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest