Follow Us

Apple Music & Semua Pengetahuan Dasar yang Wajib Kamu Tahu

Bagus Hernawan - Selasa, 30 Juni 2015 | 12:12
Apple Music & Semua Pengetahuan Dasar yang Wajib Kamu Tahu

Tinggal beberapa jam lagi Apple akan merilis iOS 8.4 untuk publik dan layanan Apple Music. Bagi kamu yang masih belum mengerti apa itu Apple Music, gratis atau bayar dan beragam pertanyaan seputar hal tersebut, berikut ini pengetahuan dasar yang harus kamu mengerti:

Apa Itu Apple Music ?

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sesuai dengan Keynote WWDC awal bulan Juni 2015, Apple Music adalah layanan satu tempat dan lengkap untuk menikmati musik dari perangkat iOS, OS X, Apple Watch – bahkan Android. Tiga fitur utama di Apple Music adalah discover (streaming konten musik) , Radio dan Connect untuk terhubung ke artis favorit kamu.

Gratis atau Bayar?

Kamu dapat menikmati layanan Apple Music secara gratis dalam 3 bulan pertama. Setelah masa gratisan itu selesai, pengguna bisa berlangganan Apple Music dengan 2 jenis metode – single dan family.

Single adalah menggunakan sebuah Apple ID dan biaya langganan perbulan sebesar $9.99 saja. Sedangkan untuk paket keluarga, kamu bisa menghubungkan hingga 6 Apple ID (dengan fitur iCloud Family Sharing) dan biaya lebih terjangkau – $14.99 setiap bulannya.

Terdengar mahal? Tidak juga kok! Karena dengan biaya ini kamu dapat menikmati jutaan musik yang ada di iTunes secara gratis – bahkan menyimpannya untuk diputar ketika offline alias tanpa streaming. Tidak cuma itu, pengguna juga bisa menikmati radio Beats 1 serta berinteraksi dengan para artis favorit di layanan Connect. Seperti melihat konten yang dibagikan, memberikan komentar atau berbagi informasi tersebut ke sosial media lain.

Apa Saja yang Dapat Dinikmati Gratis?

Oke, kita ambil kasus kamu sudah mencoba Apple Music selama 3 bulan dan tidak ingin berlangganan. Apa saja yang hilang atau masih tetap dapat dinikmati? Pertama tentu saja fitur streaming musik dan menyimpan konten tersebut secara offline, tidak dapat kamu nikmati lagi. Kedua, layanan Connect akan dibatasi menjadi mode hanya Follows – tanpa bisa Like atau memberikan komentar.

Namun tenang, kamu tetap dapat menikmati fitur streaming stasiun Radio Beats 1 dan Apple Music radio dengan gratis kok. Namun tentunya dengan batasan limited skipping untuk Apple Music radio – belum ada penjelasan lebih lanjut untuk jumlahnya.

Kenapa Apple Music Menarik?

Berbeda dengan layanan streaming musik lainnya (Spotify, Rdio atau Songza misalnya), Apple Music hadir di dalam app Music di perangkat iOS atau iTunes di komputer. Semuanya dibuat terintegrasi dan kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau mendaftarkan akun – cukup gunakan Apple ID.

Bahkan sebetulnya fitur mendengarkan lagu di Apple Music juga bisa dibilang cerdas. Sebut saja dukungan fitur Siri, For You untuk mencarikan lagu baru yang cocok dengan jenis musik favorit kamu serta playlist pilihan dan beragam hal lainnya.

Seperti pada penjelasan saya di awal, Apple Music tidak hanya memberikan kemudahan untuk menikmati lagu, tapi juga dukungan fitur Connect dan Radio Beats 1 yang kabarnya akan dibuka oleh Eminem dan beragam artis lainnya. Bagaimana, sudah cukup penasaran dan ingin segera mencoba Apple Music?

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : Bagus Hernawan

Latest