Follow Us

Selamat Ulang Tahun ke-8, iPhone!

Bagus Hernawan - Selasa, 30 Juni 2015 | 14:03
Selamat Ulang Tahun ke-8, iPhone!

Tepat 8 tahun lalu di tanggal 29 Juni 2007, Apple mulai menjual perangkat iPhone di Apple Store seluruh penjuru Amerika Serikat. Ya, produk revolusioner yang dikenalkan pada bulan Januari 2007 ini akhirnya bisa dibeli dengan sistem kontrak dan kapasitas 4 GB saja.

Kenapa saya bilang revolusioner? Bagi kamu yang belum mengenal iPhone di jaman tersebut, perangkat ini adalah smartphone pertama yang tampil sangat minimalis. Sebut saja sebuah home button di bagian tengah bawah, tombol power, mute button dan volume button. Sudah, itu saja tanpa embel-embel keyboard plastik di bagian layar dan juga stylus yang merepotkan seperti smartphone lain di jaman tersebut. Permukaan layar sentuhnya juga menggunakan teknologi capacitive touchscreen yang begitu memudahkan pengguna.

Meskipun terlihat sangat menggiurkan, ternyata iPhone generasi pertama masih memiliki banyak kekurangan. Dari sistem operasi misal, iPhone OS 1 masih sangat minimalis dan banyak memerlukan polesan disana-sini seperti fitur grup SMS, copy paste teks, tanpa App Store dan koneksi GPRS yang sangat lambat. Namun semua itu terjawab sudah di iPhone OS 2 dan seterusnya.

Menggunakan metode interval tahunan, di tahun 2008 Apple merilis ulang iPhone generasi pertama dengan kapasitas 8GB & 16 GB serta iPhone baru yaitu iPhone 3G – mendukung koneksi data selular 3G. Sistem operasi untuk iPhone 3G juga terus berkembang hingga terakhir yang mendukung adalah iOS 4.2.1 dengan dukungan App Store dan beragam hal menarik lainnya.

Generasi selanjutnya yang dirilis adalah iPhone 3Gs (Juni 2009), iPhone 4 (Juni 2010), iPhone 4s (Oktober 2011), iPhone 5 (September 2012), iPhone 5c dan iPhone 5s (September 2013) dan paling baru yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus – September 2014 lalu. Ingin kembali menyaksikan momen spesial ini sejak 8 tahun ke belakang? Simak video iPhone History berikut ini yuk!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Inovasi dari perangkat iPhone tidak pernah berhenti setiap tahunnya, hingga usianya yang sudah sewindu alias 8 tahun. Bahkan menurut pendapat saya, sentral perputaran inovasi Apple sekarang adalah iPhone, bukan lagi komputer Mac atau lainnya. Ya, semua fitur baru yang ada di Apple sebagian besar selalu diterapkan lebih dahulu di iPhone. Sebut saja iMessages, App Store, iCloud, Photos dan beragam hal lainnya. Setuju?


Baca Juga:

Saya berharap Apple akan terus menghadirkan iPhone generasi terbaru setiap tahunnya dengan beragam inovasi dan fitur yang intuitif. Bagaimana dengan kamu, sudah pernah menggunakan iPhone generasi apa saja? Punya pengalaman menarik? Bagikan di kolom komentar ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest