Follow Us

Diisi Ulang Selama 8 Jam, iPhone 6 Plus Meledak di Hong Kong

Andri Alfansyah - Selasa, 07 Juli 2015 | 12:05
Diisi Ulang Selama 8 Jam, iPhone 6 Plus Meledak di Hong Kong

Sebuah iPhone 6 Plus 128GB milik seorang penguna wanita asal Tai Wai, Hong Kong, dikabarkan tiba-tiba meledak dan terbakar ketika baterainya tengah diisi ulang di meja dekat tempat tidur.

Seperti tampak dalam foto sebagaimana dilaporkan EJInsight (via Cult of Mac), rupa iPhone 6 Plus yang terbakar tersebut kini sudah tak menampakan bentuknya lagi. Bagian layarnya terlepas dan bagian casing belakang meleleh.

Si pemilik diketahui bernama belakang Tsang menceritakan kronologis kejadian kebakaran yang menimpa iPhone 6 Plus miliknya. Ia mengisi ulang iPhone 6 Plus sejak dari pukul 1 pagi. Namun sekitar pukul 8 pagi ia terbangun karena terkejut dengan suara ledakan yang menghanguskan perangkat iPhone berlayar jumbo itu.

She said she plugged the charger to the unit at about 1 a.m. on Saturday and left it on the desk next to her bed. At around 8 a.m., she was awakened by a huge bang and saw the handset on fire.

She put out the fire using a pillow and was not injured. A picture of the unit after the explosion shows the back cover and the protective case melted by the heat.

Untungnya, Tsang dilaporkan tidak mengalami luka apapun akibat iPhone 6 Plus yang meledak secara tiba-tiba. Meski begitu, ia berencana akan meminta ganti rugi dari Apple karena iPhone 6 Plus dan aksesoris ia beli asli dari Apple Store. Hanya saja, ia menggunakan charger iPad untuk mengisi ulang iPhone 6 Plus miliknya.

Dugaan sementara menyebutkan insiden ledakan yang dialami Tsang disebabkan fitur pemutus listrik otomastis ketika baterai iPhone 6 Plus penuh tidak berfungsi atau berlebihan dalam mengisi ulang baterainya, seperti dipaparkan Lo Kok-kung dari Department of Mechanical Engineering di Hong Kong Polytechnic University.

“The auto power cut-off feature of the handset for charging could have been out of order, hence the battery was overcharged and exploded due to excessive heat,” Lo said.


Baca juga:


Insiden meledaknya iPhone 6 Plus ini diklaim yang pertama di Hong Kong. Tapi insiden yang sama menimpa produk Apple bukan kali ini saja terjadi. Perangkat iPad Air juga pernah meledak di Australia pada 2013 lalu. Ada juga iPhone 5 yang meledak dan melukai mata pengguna asal Tiongkok di tahun yang sama.

Produk-produk Apple yang meledak saat tengah diisi ulang memang jarang sekali terjadi. Meski begitu penggunaan charger palsu diklaim menjadi biang keladi yang menyebabkan insiden membahayakan itu terjadi.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/328246/iphone-6-plus-explodes-in-hong-kong-literally/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest