Follow Us

Google Umumkan Saingan Berat Apple iBeacon

Andri Alfansyah - Rabu, 15 Juli 2015 | 08:13
Google Umumkan Saingan Berat Apple iBeacon

Kamu pastinya ingat dong dengan inovasi Apple iBeacon? Ya, teknologi berbasis Bluetooth yang memungkinkan perangkat iOS untuk saling berkomunikasi di dalam ruangan ini kini mendapatkan lawan serius dari Google, sang pencetus Android.

Sebagaimana dilaporkan 9to5Mac, Google baru saja mengumumkan inovasi terbarunya bernama Eddystone yang akan memungkinkan perangkat Android dan iOS saling berkomunikasi dengan mudah.

Walau mirip seperti iBeacon yang hanya terhubung dengan perangkat iOS, Eddystone memiliki perbedaan dalam hal perangkat-perangkat apa saja yang didukungnya. Selain open-source, inovasi dari Google itu kompatible dengan semua perangkat Android dan perangkat yang mendukung Beacons, termasuk perangkat iOS.

Eddystone is open source and designed to be easily extendable, compatible with any device which supports the use of beacons. A new API announced alongside Eddystone, compatible with iOS and Android devices and available to Android developers today (iOS support forthcoming), uses inaudible sound emitted from device speakers and heard from other devices using their microphones to determine when other smartphones and tablets are nearby so data can be transmitted between them.


Baca juga:


iBeacon sendiri adalah yang akan memudahkan pengguna iPhone dalam mencari barang-barang di toko-toko swalayan dengan cepat karena ia akan memberitahu letaknya. Tidak hanya toko ritel saja, iBeacon banyak digunakan di arena olahraga dan pameran teknologi, dan festival musik di AS.

Bukan kali ini saja, teknologi iBeacon besutan Apple mendapatkan saingan. Februari tahun lalu, perusahaan lampu dan elektronik terkenal asal Belanda, Philips, juga mengumumkan sistem pencahayaan yang memudahkan pengguna mencari produk yang mereka cari di supermarket.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/07/14/googles-eddystone-flexible-beacon-alernative-ibeacon/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest