Follow Us

Apple Rilis Hasil Laporan Keuangan dan Pendapatan Kuartal 3 2015

Andri Alfansyah - Rabu, 22 Juli 2015 | 10:37
Apple Rilis Hasil Laporan Keuangan dan Pendapatan Kuartal 3 2015

Apple baru saja mengumumkan laporan keuangan dan pendapatannya selama kuartal ketiga tahun 2015 yang dimulai pada Mei lalu hingga Juli ini dengan pendapatan mencapai $49,6 milyar, keuntungan bersih sebesar $10,7 milyar, dan gross margin naik menjadi 39,7 persen.

Apple® today announced financial results for its fiscal 2015 third quarter ended June 27, 2015. The Company posted quarterly revenue of $49.6 billion and quarterly net profit of $10.7 billion, or $1.85 per diluted share.

Pada periode yang sama tahun lalu, Apple mencatat meraih pendapatan sebanyak $37,4 milyar dan keuntungan sebesar $7,7 milyar dengan nilai saham sebesar $1,28 per lembar. Sedangkan gross margin tercatat sebanyak 39,4 persen dan penjualan global sebanyak 64 persen.

Pendapatan dan keuntungan Apple selama kuartal ketiga 2015 tidak lepas dari meningkatnya penjualan perangkat iOS dan Mac. Di kuartal ketiga ini seperti dilansir dari 9to5Mac, Apple menjual perangkat iPhone dan iPad sebanyak 47 juta unit dan 10,9 juta unit, dan Mac sebanyak 4,7 juta unit.

CEO Apple Tim Cook menyatakan bahwa pendapatan yang diraih Apple dari penjualan iPhone, Mac, dan App Store selama kuartal ketiga ini meningkat secara signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal itu pun tampaknya akan berlanjut dengan akan hadirnya iOS 9, OS X El Capitan, dan watchOS 2 pada musik gugur nanti.

“We had an amazing quarter, with iPhone revenue up 59 percent over last year, strong sales of Mac, all-time record revenue from services, driven by the App Store, and a great start for Apple Watch,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “The excitement for Apple Music has been incredible, and we’re looking forward to releasing iOS 9, OS X El Capitan and watchOS 2 to customers in the fall.”

Dalam kesempatan yang sama Chief Financial Officer, Luca Maestri, membeberkan besaran keuntungan yang diraih Apple selama kuartal ketiga 2015.

“In the third quarter our year-over-year growth rate accelerated from the first half of fiscal 2015, with revenue up 33 percent and earnings per share up 45 percent,” said Luca Maestri, Apple’s CFO. “We generated very strong operating cash flow of $15 billion, and we returned over $13 billion to shareholders through our capital return program.”

Dan, berikut proyeksi laporan keuangan dan penjualan Apple selama kuartal keempat 2015 mendatang:

  • Pendapatan antara $49 milyar – $51 milyar
  • Gross margin sebesar 38,5 persen – 39,5 persen
  • Biasa operasional antara $5,85 miliar – $5,95 miliar
  • Pendapatan/pengeluaran lain-lain sebesar $400 juta
  • Tingkat pajak sebesar 26,3 persen

Baca juga:


Untuk hasil laporan keuangan dan pendapatannya selama kuartal ketiga 2015, Apple tidak membeberkan secara rinci berapa juta unit perangkat Apple Watch yang mereka jual walau perangkat itu sudah meluncur pada akhir April lalu.

Pendapatan dan keuntungan Apple diharapkan bakal meningkat di kuartal selanjutnya mengingat mereka telah meluncurkan layanan Apple Music dan lini iPod baru. Tidak ketinggalan iOS dan OS X versi baru bakal segera menyambangi pada September nanti.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/pr/library/2015/07/21Apple-Reports-Record-Third-Quarter-Results.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest