Follow Us

“Thunderstrike 2”, Malware Terjahat Bagi Komputer Mac

Bagus Hernawan - Selasa, 04 Agustus 2015 | 15:30
“Thunderstrike 2”, Malware Terjahat Bagi Komputer Mac

Komputer Mac yang selama ini diklaim sebagai yang teraman, kini mulai rentan terhadap serangan worm atau malware. Adalah dua orang tim peneliti keamanan: Trammell Hudson dan Xeno Kovah konsultan di LegbaCore yang mencoba sebuah riset dengan nama Thunderstrike 2. Mereka membuat sebuah malware yang diklaim dapat menyerang dan tersimpan di level firmware (biasa dikenal dengna BIOS pada komputer atau EFI di komputer Mac).

Dalam simulasinya, Thunderstrike 2 dapat menyerang komputer Mac dari sebuah website yang tidak jelas atau email spam. Hal paling bahaya adalah metode penularan setelah itu. Yaitu tersembunyi di level firmware dan dapat otomatis menempel pada perangkat dengan memori ROM seperti aksesoris Thunderbolt to Gigabit Ethernet, SSD external atau beragam hal lainnya. Nantinya jika perangkat tersebut digunakan oleh komputer Mac lain, otomatis Thunderstrike 2 akan berpidah masuk ke dalamnya. Dalam laman sumber Wired juga disebutkan bahwa metode keamanan yang ada sekarang ini atau anti-virus tidak dapat menghentikannya.

No security products currently check the option ROM on Ethernet adapters and other devices, so attackers could move their worm between machines without fear of being caught.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Perlu kamu ketahui, i Thunderstrike 2 ini dibuat oleh para ahli keamanan untuk pengujian saja (bukan kegiatan buruk) dan sudah dilaporkan ke Apple. Tentunya agar Tim Cook dapat meminta para staf ahilnya untuk segera menambal celah tersebut. Namun kabarnya hingga berita ini saya bagikan, pihak Apple masih melakukan riset untuk masalah keamanan ini. Jika kamu tertarik membaca informasi lebih lengkap mengenai Thunderstrike 2, silahkan akses laman Wired ya!

Bagaimana pendapat kamu mengenai Thunderstrike 2? Masih tetap setia di OS X atau mulai sedikit was-was? Bagikan di kolom komentar ya!


Baca Juga:

[source site_name = “Wired” site_url = “http://www.wired.com/2015/08/researchers-create-first-firmware-worm-attacks-macs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest