Follow Us

Bangun Pabrik iPhone di India, Foxconn Rogoh Kocek Puluhan Triliun Rupiah

Andri Alfansyah - Senin, 10 Agustus 2015 | 13:40
Bangun Pabrik iPhone di India, Foxconn Rogoh Kocek Puluhan Triliun Rupiah

Perusahaan perakit utama iPhone, Hon Hai Precision Industry Co Ltd. atau lebih dikenal dengan nama Foxconn, baru saja mengumumkan investasinya dalam jumlah yang sangat besar untuk membangun sejumlah fasilitas pabriknya di India.

Sebagaimana dilaporkan Re/code, Foxconn dan pemerintah India telah menandatangani kesepakatan untuk berinvestasi dengan nilai mencapai $5 milyar atau Rp 67,5 triliun untuk 5 tahun ke depan di negeri Bollywood itu.

The announcement was made by Foxconn founder Terry Gou and Maharashtra Chief Minister Devendra Fadnavis after the signing of an accord in the state capital Mumbai. The Foxconn announcement will bolster Indian Prime Minister Narendra Modi’s “Make in India” campaign, which aims to turn Asia’s third-largest economy into a manufacturing powerhouse.

Foxconn sebelumnya dilaporkan berencana bakal membangun sekitar 10 – 12 pabrik perakitan smartphone di sejumlah kawasan di India dengan jumlah pegawai mencapai 50 ribu orang. Walau bos Foxconn, Terry Gou, tidak mengatakan secara rinci smartphone apa yang akan dibuat, mereka dikabarkan akan mengunakan pabriknya barunya di sana untuk merakit iPhone.


Baca juga:


Upah pekerja dan ongkos produksi yang lebih murah di India daripada di Tiongkok menjadi dua alasan utama mengapa Foxconn begitu tertarik untuk berinvestasi secara besar-besaran. Hal tersebut dilakukan Foxconn dalam upayanya untuk bersaing dengan perusahaan perakit lain yakni Quanta Computer Inc.

Foxconn kabarnya mendapatkan pesanan dari Apple untuk memproduksi iPhone sebanyak 60 persen sedangkan 40 persen sisanya dipegang oleh Pegatron. Produksi iPhone 6s saat ini tampaknya tengah mencapai puncaknya di kedua perusahaan perakit, pasalnya Apple akan segera mengumumkannya pada minggu kedua bulan September nanti.

[source site_name = “Re/code” site_url = “http://recode.net/2015/08/08/foxconn-to-invest-5-billion-in-india-plant/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest