Follow Us

March of Empires, Aksi Pemimpin Perang Penuh Perhitungan

Alexius Aditya - Kamis, 20 Agustus 2015 | 17:50
March of Empires, Aksi Pemimpin Perang Penuh Perhitungan

Kalau kalian akrab dengan game Civilization V yang tersedia untuk OS X, maka di iOS kamu bisa memainkan March of Empires. March of Empires adalah sebuah game MMORTS terbaru dari Gameloft. Di dalam game ini, Gameloft mengajak kita untuk membangun sebuah kerajaan, melatih para prajurit dan berperang. Tujuannya tentu saja untuk memperluas teritorial kerajaan dan untuk menguasai dunia.

Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy biasa disingkat menjadi MMORTS, adalah game yang menggabungkan elemen real-time strategi dan multiplayer online di dalam sebuah persistent-world. Persistent-world berarti semua mekanisme di dalam game akan tetap berjalan walaupun kalian tidak sedang memainkannya.

Bangun kerajaanmu sendiri

Kalian dapat memilih satu dari tiga opsi factions yang disediakan; King, Sultan, Tsar. Pilihan ini bukan hanya merubah tampilan kosmetik saja, tetapi setiap factions mempunyai efek sendiri. Memilih King misalnya, akan mempercepat setiap pembangunan sebesar 10% dan memberikan serangan tambahan sebesar 10% kepada swordsman. Sedangkan memilih Sultan akan mempercepat waktu research 10% dan serangan tambahan sebesar 10% kepada spearman. Saran saya adalah, pilih factions-mu dengan hati-hati, sesuai dengan gaya bermainmu.

Seperti kebanyakan game RTS lainnya, kalian diharuskan untuk membangun berbagai macam struktur bangunan. Setiap bangunan ini mempunyai fungsinya masing-masing; barrack sebagai tempat pelatihan pasukan, scout tower sebagai tempat mengintai strategi musuh, academy sebagai tempat mencari teknologi baru, dan workshop sebagai tempat membuat peralatan perang.

Semua kegiatan utama yang ada di game ini membutuhkan perhitungan dan waktu. Musim yang berubah juga ada pengaruhnya terhadap sumber pangan kerajaan. Di musim panas misalnya, jangkauan serangan pasukan panah akan bertambah lebih jauh 10% daripada biasanya. Masuk akal, mengingat angin bertiup kencang saat musim panas.

Melatih pasukan, menaikkan level bangunan, mencari persediaan makanan, mencari tambang, semunya membutuhkan waktu. Seiring dengan meningkatnya level bangunan tersebut, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menaikkan level. Tentunya ada pilihan untuk mempercepat waktu dengan menggunakan gold, yang bisa kamu dapatkan dengan membayar dengan sejumlah uang asli. Lagipula, ini adalah game freemium.

Berperang dengan otak, bukan dengan otot

Perencanaan peperangan adalah salah satu fitur yang menurut saya paling keren, yang ada pada March of Empires. Disini, kalian dapat mengatur posisi setiap jenis pasukan, memilih dari berbagai formasi yang telah disediakan. Formasi ini akan digunakan untuk bertahan saat markas kalian diserang. Selain itu, formasi yang telah kamu pilih akan tadi menjadi formasi utama saat kalian menyerang markas musuh tanpa menggunakan fitur scout terlebih dahulu. Fitur scout berguna untuk mengintip strategi lawan sehingga kalian bisa menempatkan pasukan yang tepat untuk melawan strategi musuh, menambah kemungkinan pasukan kalian untuk memenangkan peperangan.

Baca Juga:

Memenangkan peperangan adalah hal yang biasa

Tutorial pada awal game tidak banyak membantu saya untuk memahami bagaimana game berjalan. Saya hanya diberi petunjuk untuk menaikkan level bangunan-bangunan utama, seperti barack, farm, stone quarry dan beberapa lainnya. Walaupun tutorial untuk berperang sebenarnya cukup baik, tidak ada penjelasan lebih lanjut bagaimana membedakan antara bangunan milik kawan atau lawan, maupun bangunan-bangunan pada world map. Saya bahkan tidak mengetahui perbedaan antara kerajaan lawan yang bisa saya serang dengan yang sedang terlindungi.

Peperangan yang disajikan di game ini hanya terbatas pada perencanaan dan hasil eksekusi. Ya tebakan kalian benar, hampir tidak ada aksi pertarungan sama sekali dalam game ini. Pada replay di battle log pun, kalian hanya akan melihat sebuah animasi pendek mengapa pasukan kalian memenangkan ataupun kalah waktu berperang. Karenanya, memenangkan suatu peperangan menjadi hal yang biasa saja. Saya tidak merasa terlalu senang, juga tidak sedih karena saya tidak dapat melihat pasukan saya benar-benar berperang.

Kesimpulan

March of Empires adalah game strategi yang kompleks untuk dimainkan di sebuah ponsel. Game ini memiliki semua fitur yang kalian inginkan pada sebuah game strategi; tersedianya log untuk semua aktifitas, penempatan pasukan pada saat perencanaan perang, grafis yang baik, hero dan skill yang dapat di upgrade, world events.

Untuk kalian, gamers penggemar strategi, saya yakin kalian akan sangat menikmati game yang satu ini. Tetapi untuk kalian yang menginginkan lebih banyak aksi, game ini tidak akan memuaskanmu. Kalian juga akan mendapatkan Welcome Pack gratis jika kalian memainkannya hari ini. Jadi tunggu apalagi?

Download March of Empires ร‚ยท Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest