Follow Us

Age of Defenders, Tower Defense Online yang Menegangkan

Alexius Aditya - Jumat, 21 Agustus 2015 | 13:53
Age of Defenders, Tower Defense Online yang Menegangkan

Apa jadinya apabila kita menggabungkan game RTS dengan game tower defense? Age of Defenders adalah jawabannya. Berlatar-belakang pada dunia setelah masa kehancuran, mineral baru bernama rydan telah ditemukan. Kalian berperan sebagai Joseph, seseorang yang ditugaskan untuk menambang rydan. Sayangnya, beberapa masyarakat yang tidak terima tempatnya dirusak mulai membentuk perlawanan, berontak dan menyerang.

Tower defense adalah sebuah genre game dimana tugas kalian adalah mencegah musuh untuk mencapai tujuannya. Kalian akan dibekali dengan berbagai macam alat atau pasukan yang mempunyai kegunaan masing-masing.

Bertahan dan menyerang

Tidak seperti kebanyakan game tower defense yang lain, Age of Defenders mempunyai kelebihannya sendiri yaitu misi untuk menyerang balik musuh. Misi pertama adalah misi pelatihan, kamu akan dilatih untuk membangun menara penembak untuk mempertahankan markas. Misi kedua adalah pengenalan level. Setiap musuh yang berhasil terbunuh akan memberikan experience points yang semakin bertambah sehingga kalian mendapatkan bintang. Bintang berguna untuk menaikkan kekuatan serangan menara penembakmu.

Misi ketiga adalah misi tutorial terakhir yang memberikan penjelasan tentang bagaimana menyerang musuh. Panel pertahanan akan berubah menjadi panel menyerang. Akhirnya kalian bisa balik menyerang musuh.

Keunikan lain yang dimiliki Age of Defenders adalah pasukanmu berjalan menuruti kemauanmu. Kalian tidak diharuskan untuk mengikuti jalan yang ada pada map. Kalian bisa menandai sendiri musuh yang akan kalian serang lebih dulu.

Kalian cukup melakukan tap sekali pada layar untuk menandai menara penyerang musuh. Jika itu saja tidak cukup maka kalian bisa tap dua kali setelah menandai musuh pertama, untuk menandai musuh kedua. Kalau kalian lebih suka cara yang frontal maka langsung saja arahkan pasukanmu ke markas mereka.

Lawan bot kurang menantang? Cari lawan yang sepadan dengan fitur multiplayer

Mungkin kalian sudah menyelesaikan misi pada singleplayer campaign. Dan karena kurang merasa tertantang, kalian juga bisa menyelesaikan singleplayer campaign sekali lagi dengan memilih nightmare difficulty. Setelah itu kalian juga masih merasa kurang, kalian bisa memainkannya lagi untuk mendapatkan semua bonus achievements diluar misi utama. Game ini mempunyai banyak replay value, menantang kalian untuk bermain lagi dengan strategi baru pada misi yang sama.

Untuk kalian yang lebih suka bermain bersama teman daripada main sendirian, ada fitur multiplayer juga lho di game ini. Kalian bisa memilih satu dari sembilan map yang ada. Fitur multiplayer juga memberikan kalian akses untuk mengatur profil, melihat leaderboards dan mengobrol dengan gamer lain.

Gerak cepat atau mati

Adanya unsur real-time strategy pada Age of Defenders menjadikan game ini mengharuskan kalian untuk selalu fokus pada game. Game terasa lebih intense karena tidak ada tombol pause di dalamnya. Artinya, kamu tidak bisa menghentikan game untuk sementara, untuk mencari strategi baru. Semua harus dilakukan secara real-time.

Sangat disayangkan, fitur multiplayer ini tidak terhubung langsung dengan game center. Hanya ada dua pilihan agar fitur multiplayer ini terbuka; kalian harus punya akun Facebook atau kalian harus membuat GEEWA ID baru. Jadi buat kalian yang tidak mempunyai akun Facebook atau tidak ingin membuat GEEWA ID, selamat, kalian hanya bisa bermain sendirian.

Baca Juga:

Kesimpulan

Bagi saya pribadi, beberapa misinya mungkin terasa sedikit membosankan, sebagian lagi membuat saya panik karena saya diharuskan untuk bertahan dan menyerang sekaligus. Tapi tentunya untuk kalian sebagai penggemar tower defense, saya yakin hal tersebut malah justru yang kalian cari bukan? Grafis yang baik, musik latar yang serasi, ditambah dengan animasi pendukung cerita dengan sedikit humor. Adanya misi tambahan diluar misi utama, pengaturan kesulitan dan pasukan yang dapat kalian kontrol sendiri. Age of Defenders adalah game tower defense yang solid dan saya yakin, kalian pasti tidak kecewa memainkannya.

Download Age of Defenders - Multiplayer Tower Defense and Offense post apocalyptic RTS HD · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest