Follow Us

Berapa Besar Pangsa Pasar Apple TV dalam Ranah Media Streaming di AS?

Andri Alfansyah - Jumat, 21 Agustus 2015 | 13:32
Berapa Besar Pangsa Pasar Apple TV dalam Ranah Media Streaming di AS?

Parks Associates baru saja merilis data terbarunya mengenai pangsa pasar perangkat set-top box atau media buat menonton acara TV streaming. Berdasarkan datanya seperti dilansir 9to5Mac, mereka mencatat bahwa Apple TV adalah perangkat set-top box keempat terpopuler selama 2014 di AS.

Perangkat Apple TV sebelumnya berada di peringkat ketiga pada 2013 silam. Turunnya peringkat Apple TV pada 2014 menyusul Amazon merilis perangkat set-top box Fire TV dan Fire Stick yang kini merangsek ke posisi ketiga yang dulunya dikuasai Apple TV.

“Roku continues to lead streaming media device sales in the U.S. with 34% of units sold in 2014. Google is second with 23%, and new entrant Amazon overtook Apple for third place,” said Barbara Kraus, Director of Research, Parks Associates. “The market consolidation around these four brands forces new entrants to develop more creative features and functionality to tap into the strong consumer demand for streaming content.

Sementara Roku menjadi merek perangkat media streaming paling populer pertama di AS dengan menguasai pangsa pasar sebesar 34 persen. Di tempat kedua ada Google Chromecast yang menguasai pangsa pasar sebesar 23 persen.

Secara keseluruhan, pangsa pasar perangkat set-top box dari Roku, Google, Amazon, dan Apple tercatat menguasai pangsa pasar sebesar 86 persen dari semua penjualannya selama 2014.

Perolehan pangsa pasar Apple TV ini bisa jadi hubungannya dengan tak adanya pembaruan yang Apple hadirkan dalam perangkat streaming TV-nya. Apple terakhir kali merilis Apple TV pada 2012 silam.


Baca juga:


Meski begitu, Apple kabarnya telah siap untuk mengungkap Apple TV dengan hardware dan fitur-fitur terbaru pada tanggal 9 September berbarengan dengan pengumuman iPhone 6s. Apple TV generasi baru akan mengusung tampilan antarmuka ala iOS 9, mendukung Siri dan aplikasi pihak ketiga dengan hadirnya App Store.

Didukung oleh hardware dan layanan terbarunya serta harganya yang terjangkau, Apple TV diharapkan akan merebut kembali posisi tertingginya di ranah media streaming ketika meluncur nanti.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/08/20/apple-tv-fourth-place-streaming-device/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest